Jumat, 20 Oktober 2017
Senin, 13 Februari 2017 13:37:00

Truk Canter "Ajeb-Ajeb" dari Kuningan

Oleh: Redaksi
Senin, 13 Februari 2017 13:37:00
BAGIKAN:
kompas
Truk Canter "Ajeb-Ajeb" dari Kuningan

POROSRIAU.COM--Bukan cuma mobil yang bisa eksis dengan tampilan modifikasi. Truk ringan atau light duty truck (LDT) juga bisa diubah menjadi kendaraan niaga yang tak kalah menarik bila disejajarkan dengan mobil kustom.

Bila tidak percaya, silakan lirik karya modifikasi Mitsubishi Fuso Colt Diesel FE 74 HD yang digarap oleh Jerry Sujari dari PT Bukit Jaya Mandiri (BJM), Kuningan, Jawa Barat. Mengedepankan tema elegan, truk yang akrab disapa "kepala kuning" ini kini lebih tenar dengan panggilan Scanter.

"Namanya kami pangil Scanter. Kenapa, karena modelnya ala Scania tapi seluruhnya masih Canter. Total modifikasi kalu dari awal itu habis Rp 300 jutaan, kita ubah tapi tidak menghilangkan fungsinya," ucap Jerry kepada wartawan di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Pengerjaan, lanjut Jerry, kurang lebih hampir memakan waktu satu tahun hingga benar-benar sempurna. Bagian tersulit ada di sektor interior, yang terpaksa di bobok ulang untuk menerapkan konsep elegan serta memasang perangkat audio.

Konsep elegan memang diterapkan Jerry pada sisi interior. Dengan dimensi yang minim, Jerry bersama timnya mencoba untuk memaksimalkan ruang sempit pada Colt Diesel Canter.

Kedua jok sampai dasbor dibalut ulang dengan menggunakan warna kulit yang senada dengan cat bodi. Agar kesan elegan lebih tampil, diberikan sedikit warna hitam plus mini bartender yang diletakan tepat di tengah antara jok pengendara dan penumpang.

Pemasangan sistem hiburan menjadi pengerjaan yang benar-benar menyita waktu, pasalnya dek atas kabin wajib dibongkar habis untuk membenamkan semua perangkat audio dan juga empat buah LCD di tengah pilar A. Tidak tanggung-tanggung, agar bisa "jedak-jeduk" konsep audio langsung mengarah ke sound quality loud (SQL) yang mengutamakan tingkat kekerasan suara.

Tidak heran bila Jerry membenamkan full audio keluaran Venom, plus subwoofer 10 inci sebanyak dua buah. Sedangkan untuk suara tengah atau middle range menggunakan Rockford 3,5 inci. Hasilnya, sudah bisa dibayangkan sendiri suaranya.

Truk ini pun sudah menunjukkan prestasinya dengan membawa delapan piala. Bahkan terpilih sebagai juara umum saat Kontes Akbar Modifikasi Truk (KAMT) 2016 lalu di Yohyakarta.

Puas dengan sektor kabin, giliran mengupas sedikit tampilan ekteriornya. Menurut Jerry untuk konsep luar lebih mengikuti tren umum, yakni film robot Transformer asal Amerika.(kompas)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Polres Pelalawan Amankan Tiga Truk Pengangkut Kayu Olahan

    10 bulan lalu

    PELALAWAN(POROSRIAU.COM)- Polres Pelalawan mengamankan tiga truk colt diesel mengangkut 'illegal logging' olahan. Tiga truk ini di amankan ditempat berbeda di jalan lintas Bono kecamatan Bunut, Kamis (5/1/17).

  • Stop Truk CPO, Massa Tutup Perempatan Jalan Purnama Dumai

    12 bulan lalu

    DUMAI (porosriau.com) - Ratusan orang yang menamakan diri Gerakan Masyarakat Mahasiswa dan Pemuda (Gemmpa) Kota Dumai, Rabu (2/11/2016) melakukan aksi di perempatan Purnama, Dumai. Mereka menu

  • Habitat Hilang, Gajah asal Jambi Terabas Kebun Sawit di Riau

    11 bulan lalu

    Alih fungsi lahan membuat hewan liar kelabakan mencari habitatnya. Inilah yang dialami seekor gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) yang keluar dari habitatnya di Kabupaten Tebo, Jambi, dan tersesat ke perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Peranap.

  • Hingga April 2017 Mendatang, Minyak Goreng Curah Dilarang Beredar di Rohul

    11 bulan lalu

    Jadwal pelarangan penjualan minyak goreng curah ‎kelapa sawit oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia diperpanjang dari yang semula diberlakukan 27 Maret 2016 lalu menjadi ‎1 April 2017 mendatang.

  • Mobil Oknum Polisi Rohil Dipakai Rampok

    11 bulan lalu

    Rohil (porosriau.com) - Mobil avanza warna hitam yang digunakan untuk merampok mobil truk cold diesel bermuatan sawit di kilo nol, jalan lintas Riau-Sumut di Rohil, mirip avanza Briptu CL, personil Polres Rohil. Saat tim mendatangi rumahnya, yang bersangk

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.