Selasa, 10 Desember 2019
  • Home
  • PEKANBARU
  • Gelar Operasi Patuh di Jalan Tambusai, Satlantas Polresta Pekanbaru Gunakan Alcohol Detector
Kamis, 03 Mei 2018 23:31:00

Gelar Operasi Patuh di Jalan Tambusai, Satlantas Polresta Pekanbaru Gunakan Alcohol Detector

Oleh: Redaksi
Kamis, 03 Mei 2018 23:31:00
BAGIKAN:
Kasat Lantas Kompol Rinaldo Aser.(Foto:Tnr)

PEKANBAU(POROSRIAU.COM)---Seminggu pelaksanaan Operasi Patuh Muara Takus 2018 di Kota Pekanbaru, Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru telah menemukan sebanyak 690 pelanggaran. Data pelanggaran tersebut merupakan hasil pelaksanaan Operasi mulai tanggal 26 April hingga tanggal 2 Mei 2018. Dari 690 pelanggaran yang terjaring, sepeda motor mendominasi sebanyak 451 pelanggaran lalu lintas, sedangkan mobil sebanyak 239 pelanggaran. Untuk usia pelanggar yang mendominasi pelanggaran berkisar antara 21-25 tahun sebanyak 146 pelanggar.

Selama berjalannya kegiatan Operasi, Satlantas Polresta Pekanbaru tidak hanya melakukan kegiatan penindakan atau represif, namun juga dengan meningkatkan kegiatan pencegahan dengan kegiatan preemtif atau preventif dengan melakukan edukasi, sosialisasi, imbauan, dan juga meningkatkan kegiatan patroli di lokasi rawan macet dan kecelakaan seperti kampanye keselamatan berlalu lintas, membagikan brosur, hingga edukasi ditempat kepada pelanggar lalu lintas yang dibawah umur serta pemasangan spanduk imbauan.

Sementara itu pada pada pelaksanaan Operasi Patuh Kamis (3/4/2018) di jalan Tambusai Satlantas Polresta Pekanbaru turun kejalan dengan menggunakan alat pendeteksi alkohol (alcohol detector). Beberapa pengendara yang melintas di ruas jalan Tambusai dilakukan tes kadar alkohol dengan alat pendeteksi alkohol. 

Para pengemudi diminta untuk berhenti dan dilakukan tes di tempat. Alat tersebut digunakan dengan cara ditiup oleh pengendara. Apabila pengendara ada mengonsumsi alkohol maka alat tersebut akan mendeteksinya. Dalam penerapannya Satlantas melakukan pengujian kepada beberapa pengendara seperti pengemudi truck, angkutan umum, mobil pribadi dan juga pengendara sepeda motor. Selama pelaksanaan Operasi Patuh saat itu di jalan tambusai petugas tidak ada menemukan pengendara yang terindikasi mengonsumsi alkohol.  

Terkait selama satu minggu pelaksanaan Operasi Patuh Muara Takus 2018 di Kota Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru Kombespol Susanto, melalui Kasat Lantas Kompol Rinaldo Aser, mengatakan pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya untuk mengkampanyekan tertib berlalu lintas.

"jadi tidak hanya penindakan tilang saja, namun juga meningkatkan kegiatan kegiatan bersifat preemtif dan juga preventif yang langsung bersentuhan dengan masyarakat", pungkas Rinaldo.(tnr)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Hari ke-5 Ops Patuh Siak 2017, 49 Sepeda Motor Terjaring Saat Razia di Depan Polsek Kampar

    3 tahun lalu

    Hari kelima digelarnya Operasi Patuh Siak 2017, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kampar bersama personil Polsek Kampar menggelar razia di KM 48 Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang, tepat didepan Mako Polsek Kampar pada Sabtu pagi (13/5/2017).

  • Antisipasi Masuknya Barang Luar dan Kadaluarsa, SKPD Perlu Tingkatkan Pengawasan

    3 tahun lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM),-- Jelang Natal dan tahun baru seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diminta untuk meningkatkan pengawasan terutama terhadap produk-produk makanan dan minuman luar yang masuk dan beredar dan juga barang kadaluarsa di Pek

  • Kasatlantas Polres Rohul Gelar Sosialisasi Lalin

    3 tahun lalu

    Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polres Rokan Hulu, Kepala Polisi Lalu lintas Polres Rohul akan fokuskan lakukan penyuluhan lalulintas (lalin) ke masyarakat termasuk para pelajar di sekolah-sekolah.

  • Ini Lokasi Target Operasi Zebra Siak 2016 di Pekanbaru

    3 tahun lalu

    Resort Kota (Polresta) Pekanbaru, Rabu (16/11/2016) besok mulai menggelar Operasi Zebra Siak 2016 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

  • Sat Lantas Polresta Pekanbaru Bakal Sasar Balapan Liar Jelang Bulan Ramadhan

    3 tahun lalu

    Operasi Patuh Siak telah berakhir hari Senin (22/5) Jumlah pelanggaran selama dilaksanakan Operasi Patuh Siak 2017 ini didominasi oleh sepeda motor dengan jumlah pelanggaran sebanyak 2.107 pelanggaran lalu lintas dengan pelanggaran terbanyak yaitu surat b

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.