Rabu, 22 Mei 2019
  • Home
  • PEKANBARU
  • Women Journalist Workshop FJPI Riau: Teknik Menulis Berita Pariwisata Secara Komprehensif
Minggu, 10 Maret 2019 09:01:00

Women Journalist Workshop FJPI Riau: Teknik Menulis Berita Pariwisata Secara Komprehensif

Oleh: Redaksi
Minggu, 10 Maret 2019 09:01:00
BAGIKAN:
Workshop FJPI yang digelar di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Riau pada Sabtu (9/3/2019) pagi
PEKANBARU - Untuk pertama kali di Tahun 2019, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Riau menggelar Women Journalist Workshop yang mengangkat tema "Teknik Menulis Berita Pariwisata Secara Komprehensif".
 
Workshop FJPI yang digelar di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Riau pada Sabtu (9/3/2019) pagi ini bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Riau, PT Chevron Pacific Indonesia dan PT Perkebunan Nusantara V Provinsi Riau.
 
Dalam sambutannya, Luzi Diamanda Ketua FJPI Riau berharap agenda yang diikuti para jurnalis di Kota Pekanbaru Riau ini bisa memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait dunia pariwisata yang selama ini dinilai masih sangat minim informasi.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal Usman sangat mengapresiasi atas digelarnya workshop yang digelar oleh FJPI ini. Fahmizal juga menyampaikan bahwa media, pers, atau jurnalis memiliki peran sangat penting untuk menunjang kemajuan kepariwisataan di daerah. 
 
Provinsi Riau memiliki banyak objek wisata, baik budaya, religi, alam dan lainnya yang butuh diinformasikan atau dipromosikan sehingga akan lebih dikenal dan dapat dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.  
 
"Kita sangat apresiasi sekali atas acara​ hari ini, karena dari sini kita bisa melihat bahwa atensi media atau jurnalis untuk mengetahui dunia pariwisata cukup besar," ungkap Fahmizan. 
 
Dalam workshop ini, Fahmizal juga memaparkan beragam objek wisata yang ada di Riau, yang saat ini masih sangat memerlukan peran media dan pemerintah untuk mendongrak kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegera. 
 
"Kita nilai media punya andil untuk mendongkrak pariwisata di Riau, salah satunya menciptakan berita yang menarik tentang objek wisata, sehingga masyarakat luas mengenal dan berniat berkunjung. Di samping itu media juga diharapkan bisa solid dalam menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Dinas Pariwisata," tambah Fahmizal.
 
Di dalam workshop ini juga hadir Ketua PWI Riau Zulmansyah. Dimana di dalam sambutannya Zulmasyah mengatakan, bahwa untuk menjadi wartawan pariwisata itu punya tantangan tersendiri namun cukup diminati.
 
"Kita nilai wartawan pariwisata paling diminati, karena selain bisa bikin berita juga bisa have fun, namun terlepas dari itu kita sebagai wartawan punya tugas dalam mengembangkan pariwisata, yakni dengan mempublikasi destinasi objek wisata di setiap daerah," terangnya.
 
Di sela-sela kegiatan, PWI Riau Zulmansyah memberikan doprize kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan terkait kiat-kiat atau kunci mengembangkan pariwisata sebagaimana yang dipaparkan oleh Kadis Pariwisata sebelumnya. Seorang peserta berhasil menjawab dan diberi hadiah kunjungan ke Vietnam bersama rombongan PWI Riau.
 
Sementara itu, Ketua FJPI Riau Luzi Diamanda memaparkan bahwa FJPI merupakan sebuah wadah yang mewujudkan jurnalis perempuan yang profesional untuk kemajuan kaum perempuan Indonesia.
 
Dengan visi yang demikian, maka FJPI Riau berusaha untuk terus meningkatkan kualitas jurnalis-jurnalis perempuan Indonesia khususnya di Provinsi Riau, memberikan advokasi dalam perspektif gender bagi jurnalis perempuan, serta mengoptimalkan peran sebagai jurnalis untuk kepentingan dan pemberdayaan perempuan di berbagai sektor, seperti sektor pariwisata.(Fjpi)
Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • 36 Wartawan Ikuti UKW PWI Riau

    2 bulan lalu

    Uji kompetensi ini harus diikuti wartawan sebagai pembeda apakah sudah benar-benar menjadi wartawan yang bekerja sesuai UU Pers dan kode etik jurnalistik, atau tidak.

  • Dewan Pers Siapkan Draf Panduan Pemberitaan Bunuh Diri

    2 bulan lalu

    Dewan Pers menggelar focus group discussion (FGD) mengenai pedoman pemberitaan pada kasus bunuh diri. Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengatakan jurnalis dalam peliputan kasus bunuh diri harus menghindari penyampaian informasi yang terlalu detail meng

  • About Us

    3 tahun lalu

    Porosriau.com adalah portal berita yang menyajikan informasi terhangat baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga

  • Pedoman Media Siber

    3 tahun lalu

    Pedoman Pemberitaan Media Siber Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklaras

  • Jika Langgar Aturan, Wabup Tak Segan Copot Jabatan Pegawai

    3 tahun lalu

    MERANTI (PR) - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim serius melihat dan mengamati prilaku pegawai dilingkungan Pemkab. Meranti, dirinya tak ingin kerusuhan di Meranti yang terjadi baru-baru ini terulang, dan ditakutkan kerusuhan justru t

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.