Minggu, 21 Juli 2019
  • Home
  • PROFIL
  • Penyakit Langka Kawasaki Rentan Serang Anak
Senin, 01 Agustus 2016 15:28:00

Penyakit Langka Kawasaki Rentan Serang Anak

Senin, 01 Agustus 2016 15:28:00
BAGIKAN:
Thinkstock
POROSRIAU.com - Ketika anak sakit dengan gejala demam, muncul bintik radang pada kulit, dan mata merah maka biasanya penyakit pertama yang dipikirkan mungkin adalah infeksi. Pada sebagian kasus hal tersebut benar, namun perlu diketahui kadang ada juga penyakit lain yang gejalanya serupa.
 
Penyakit kawasaki atau disebut juga sebagai sindrom mucocutaneous lymph node adalah salah satu contoh penyakit tersebut. Penyebabnya belum diketahui pasti hanya saja yang jelas kawasaki diketahui rentan menyerang anak berusia lima tahun ke bawah dan memang kemungkinan awalnya dipicu oleh infeksi.
 
dr Sukman T Putra, SpA(K), FACC, dari Eka Hospital BSD mengatakan meski kawasaki umumnya dapat sembuh tanpa menimbulkan masalah, namun bila tak ditangani dengan baik sekitar 5-20 persen pasien anak bisa alami komplikasi jantung. Hal ini karena penyakit dapat merusak arteri membuat terjadinya penyempitan pembuluh darah.
 
Bagaimana membedakan kawasaki dari penyakit lainnya menurut dr Sukman bisa dengan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) atau ekokardiografi. Tes tersebut akan menunjukkan bagaimana kondisi pembuluh darah koroner si anak.
 
Terkait hal tersebut, apabila seorang anak sudah alami penyempitan jantung peneliti dr Masaru Terai dari Chiba University School of Medicine di Jepang mengatakan ada metode yang mungkin bisa dilakukan. Dengan memberikan resep obat heparin dan 10 menit olahraga, pembuluh darah baru serta pelebaran pembuluh darah yang lama bisa terbentuk.
 
Dipublikasi di jurnal Circulation, metode sudah diuji dr Terai pada tujuh anak berusia 19 tahun yang alami sumbatan arteri koroner.
 
"Studi yang kami lakukan bisa menjadi pilihan terapi tambahan pada kasus-kasus ini," kata dr Terai seperti dikutip dari BBC, Senin (1/8/2016).***
 
Sumber: detik.com
Editor: Chici

Sumber: detik.com

  Berita Terkait
  • Ingin Menjaga Jantung?, Hindari 10 Makanan Ini

    2 tahun lalu

    POROSRIAU.COM--Ingin menjaga jantung dan sistem peredaran darah tetap sehat saat ini dan di masa mendatang? Hindari makanan dan minuman ini dalam hidup sehari-hari. Jika ingin sekali mencicipinya, boleh saja sekali-sekali mengonsumsi. Tetaplah ingat porsi

  • Program Vaksin Rubella, Walikota Dumai: Masyarakat jangan Terpancing Isu yang Belum Diketahui Kebenarannya

    12 bulan lalu

    Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo mengimbau masyarakat dan orangtua agar membawa anak ke posyandu dan puskesmas untuk mendapatkan vaksin imunisasi campak dan rubella, serta tidak terpancing isu belum diketahui kebenarannya.

  • Penyuluhan Hukum Terpadu, Wabup Said Hasyim: Semoga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hukum.

    6 bulan lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Wakil Bupati Meranti H. Said hasyim membuka kegiatan Penyuluhan Hukum Terpadu Bagi Masyarakat dan Aparatur Kabupaten Kepulauan Meranti, dalam rangka memberikan pemahaman te

  • Bertambah, Ini Info Terbaru Korban Tsunami Lampung

    7 bulan lalu

    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan korban tewas tsunami yang menerjang Selat Sunda, Anyer dan Lampung, pada Sabtu (22/12) menjadi 43 orang dan masih bisa bertambah.

  • PLT Sekda Cemas Pohon Jalan Rusak

    3 tahun lalu

    Kami sudah berkeliling di sejumlah kawasan dan mendapati banyak sekali pohon-pohon yang sudah tumbuh besar, namun dikikis kulitnya dan bahkan menebanginya. Kami harapkan hal ini tidak lagi dilakukan, karena akan menimbulkan kematian pada pohon,"

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.