Selasa, 10 Desember 2019
  • Home
  • ROHIL
  • Pemkab Rohil Bangun Lapas Baru Di Ujungtanjung,
Selasa, 05 November 2019 17:44:00

Pemkab Rohil Bangun Lapas Baru Di Ujungtanjung,

Selasa, 05 November 2019 17:44:00
Suyatno : Kasihan Kita Lihat Para Penghuni Lapas Saat Ini
BAGIKAN:
Eka/DPN
Wagub Edi Natar Nasution dan Bupati Suyatno saat meninjau Lapas Kelas II Bagansiapiapi.
BAGANSIAPIAPI, POROSRIAU.COM -Bupati Rohil H Suyatno AMp mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berencana memindahkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bagansiapiapi ke Ujung Tanjung.
 
Pemindahan ini menurutnya untuk meningkatkan sinergiritas kerja dan memudahkan proses penanganan kasus bagi penegak hukum seperti Kepolisian,Kejaksaan dan Pengadilan Negeri,yang selama ini menjadi hambatan akibat jarak tempuh dan memakan waktu ditambah lagi dengan kondisi Lapas kelas II Bagansiapiapi yang over kapasitas tidak layak lagi.
 
” Ya,Kita akan pindahkan Lapas di Ujung tanjung hal ini untuk memudahkan kinerja para aparat penegak hukum untuk melakukan proses penyelidikan dan sidang,yang selama ini sangat memakan waktu di sebabkan jarak tempuh Bagansiapiapi-Ujungtanjung seperti kita lihat selama ini kejaksaan yang setiap sidang bolak balik dari Bagansiapiapi ke Ujung Tanjung,” Kata Bupati Rohil H Suyatno AMp saat memberikan kata sambutan pada acara Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang digelar Pemerintah Propinsi (Pemprov) Riau digedung pertemuan Misran Rais, Selasa,(5/11) Bagansiapiapi.
 
Orang nomor satu di Rohil ini juga menyampaikan pemindahan Lapas kelas II Bagansiapiapi sudah sangat mendesak sebab saat ini kondisi Lapas Lelas II Bagansiapiapi dalam status Over Kapasitas dengan kondisi yang sangat memprihatinkan dengan ruangan 4 x 5 m di isi sampai 40 sampai 50 tahanan,yang idealnya di isi 15 Penghuni,dan saat ini Lapas kelas II Bagansiapiapi di isi 770 orang tahanan yang sebagian besar di isi kasus penyalahgunaan narkotika.
 
“Seperti yang kita lihat kondisi lapas saat ini sangat memprihatinkan dan sangat penuh dan sempit,dalam kondisi ini tentunya penghuni pasti susah untuk tidur,Kita lihat mereka tidur dengan bergantungan di ayunan yang dibuat sendiri,di tambah lagi jarak antara ayunan dengan Flapon hanya 1 jengkal,ini sangat panas sekali.”Terangnya.
 
Suyatno juga mengatakan bahwa Kabupaten Rohil banyak sekali pelabuhan tikus yang terpapar di setiap bibir pantainya diantaranya Pulau Halang, Panipahan dan Kubu yang sangat memudahkan para penjahat untuk masuk melalui pelabuhan ini tikus ini di tambah lagi kawasan pantai di Rohil berbatasan langsung dengan negara malaysia yang selama ini di duga selama ini menjadi pemasuk narkoba dan lainnya,seperti penangkapan beberapa kasus narkoba dalam jumlah besar berasal dari negara malaysia melalui Rohil.
 
Terkait Sosialisasi yang digelar oleh BNK Pemprov Riau, Bupati Suyatno memberikan apresiasi sebab menurutnya acara ini baru pertama kali digelar oleh Pemprov Riau di Rohil.
 
“Saya apresiasi buat pak Wagubri selaku ketua BNK Riau,inilah yang pertama kalinya,Sejauh ini BNK Rohil telah melakukan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan terus melakukan sosialisasi di tengah masyarakat,apalagi mendapat suport dari BNK Riau,ini sangat kami dukung dan ini yang kami mau,sehingga generasi muda kita terbebas dari pengaruh narkoba ini hrapan kita bersama,”Pungkasnya.
 
SementaraWakil Gubernur (Wagub) Riau Edy Natar Nasution, mengajak seluruh unsur masyarakat baik itu mahasiswa, pelajar, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, ormas dan lainnya untuk memerangi narkoba.
 
Edy Natar juga menjelaskan,acara sosialisasi ini sebagai salah satu upaya untuk mencegah peredaran narkoba di Riau dengan melibatkan banyak pihak,sebab narkoba merupakan salah satu virus yang sangat merusak dan mengkhawatirkan bagi kemajuan generasi penerus bangsa, sehingga mesti dijauhi dan diperangi dengan cara apapun.
 
“Narkoba ini sangat merusak generasi muda, makanya harus kita perangi. Dengan adanya sosialisasi ini sebagai salah satu upaya mencegahnya dari segala aspek kehidupan masyarakat,”Terang Wagub.
 
Selain Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Bupati Rohil H Suyatno acara ini juga di hadiri Kapolres Rohil AKBP Muhammad Mustofa,Dandim 0321 Letkol Inf Agung,Sekda Surya Arfan,Kepala OPD dan pihat terkait.(dpn)
  Berita Terkait
  • Kades Tarai Bangun: Kutipan Rp 10 Ribu Per KK Transparan

    3 tahun lalu

    PEKANBARU - Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang mendapatkan bantuan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMPN 8 sebesar Rp 8 miliar. Pembangunan sekolah ini dianggarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar dalam anggaran pendapatan belanja daerah (AP

  • Pembanguna SMPN 8 Tarai Bangun, Kades Sebut Dana Yang Terkumpul Rp 10 Ribu Per KK Diumumkan Lewat Corong Masjid

    3 tahun lalu

    PEKANBARU - Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang mendapatkan bantuan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMPN 8 sebesar Rp 8 miliar. Pembangunan sekolah ini dianggarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar dalam anggaran pendapatan belanja daerah (

  • Dapat Kucuran Dana APBN, BPBD Siak Segera Bangun Kantor Baru

    3 tahun lalu

    SIAK(POROSRIAU.com) - Melalui kucuran dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) tahun 2016, Satker Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak akan segera merealisasikan pembangunan kantor baru, Yang mana kantor tersebut rencanany

  • MTQ XVII Tambusai Utara Dibuka, Sekda Berharap Jadi Ajang Seleksi Qori dan Qoriah Berprestasi

    9 bulan lalu

    Rabu (20/3/2019) kemarin, giliran MTQ XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara digelar, dan dipusatkan di halaman gedung Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Tambusai Utara di Rantau Kasai Desa Tambusai Utara, yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul H.

  • Kucurkan Anggaran Rp1,2 M, Disdikbud Siak Bangun Lokal Bertingkat di SDN 01 Dayun

    3 tahun lalu

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) telah merealisasikan pembangunan ruang kelas baru sebanyak 6 lokal untuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Dayun, Yang mana pengerjaan proyek tersebut saat ini sudah mencap

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.