Rabu, 22 Mei 2019
  • Home
  • ROHUL
  • 2017, Jembatan Mentawai Dibangun Permanen
Kamis, 02 Maret 2017 19:23:00

2017, Jembatan Mentawai Dibangun Permanen

Oleh: Toni
Kamis, 02 Maret 2017 19:23:00
BAGIKAN:
Toni
Jembatan Mentawai di Kecamatan Rokan IV Koto, Rokan Hulu

ROHUL (POROSRIAU.COM)--Terkait ambruknya Jembatan Mentawai yang berada di Kecamatan Rokan IV Koto Akan segera dibangun kembali secara permanen.

Mirisnya jembatan mentawai yang menghubungkan ke 4 Desa sudah empat kali ambruk diterjang banjir dan baru kali ini ditangani dengan serius.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Penataan Ruang (PUPR) memastikan Jembatan Mentawai yang putus pada Selasa (28/2/2017), akan dibangun permanen pada tahun 2017 ini. Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Riau, sudah mengalokasikan anggaran 7.49 miliar pada APBD Riau untuk pembangunan jembatan tersebut.

Informasi tersebut disampaikan sekretaris Dinas PUPR Anton, Kamis (2/3/2017) diruang kerjanya. Anton membantah, pemerintah lamban membangun jembatan mentawai sehingga

"butuh proses perencanaan dan tahapan dalam sebuah kegiatan pembangunan, tetapi alhamdulilah  perencanaan dan abutmenya jembatan mentawai  sudah selesai dikerjakan tahun 2016, dan tahun ini Pemprov akan selesaikan pembangunan jembatan mentawai permanent secara total." tegasnya.

Lebih jauh dijelaskanya, saat ini pembangunan jembatan mentawai tengah dalam proses pelelangan. Diharapkan, pembangunan jembatan mentawai sudah dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Terkait penyebab putusnya jembatan mentawai, secara tekhnis anton menjawab hal itu, kemungkinan disebabkan karena konstruksi tiang jembatan kayu yang terlalu rapat. Akibat tiang penyangga jembatan yang rapat, menyebabkan jembatan rentan dihantam derasnya air sungai dan juga benda-benda besar yang hanyut terbawa air.

"Apalgi tampak dividio, banyak sekali kayu besar yang hanyut sehingga jembatan ini mudah hanyut," jelasnya.

Kemudian, terkait pembangunan jembatan darurat, agar aktivitas masyarakat tidak terganggu, anton menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan BPBD Rohul dan BPBD Provinsi riau, karena putusnya jembatan mentawai termasuk katagori bencana alam. (toni)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Jembatan Mentawai Rokan IV Koto Kembali Hanyut

    2 tahun lalu

    Jembatan darurat mentawai di Kecamatan Rokan IV Koto, Rokan Hulu (Rohul) kembali hanyut diterjang derasnya arus sungai mentawai. Sabtu (8/7/2017) siang

  • Jembatan Sungai Mentawai Ambruk Diterjang Banjir, 4 Desa Terisolir

    2 tahun lalu

    ROHUL (POROSRIAU.COM)--Jembatan sungai Mentawai di jalan lintas Provinsi Riau, menghubungkan Kelurahan Rokan dengan empat desa di Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kembali hanyut pada Selasa (28/2/2017) siang sekitar pukul 12.00 WIB.

  • Bupati Irwan Tinjau Proyek Pembangunan Infrastruktur di 3 Kecamatan

    tahun lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si dan SKPD terkait melakukan peninjauan proyek pembangunan infrastruktur di tiga Kecamatan, kunjungan kerja ini dalam rangka mensu

  • Buka Musrenbang Kec. Tasik Putripuyu, Bupati : Gesa Pembangunan Jalan Poros Pembuka Akses Antar Desa

    tahun lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Wakil Bupati H. Said Hasyim membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Tasik Putri Pu

  • Paparkan Keberhasilan di Paripurna DPRD Sempena Hari Jadi Meranti Ke-X, Bupati Mendapat Apresiasi Sejumlah Tokoh.

    5 bulan lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Wakil Bupati H. Said Hasyim, mengikuti Rapat Paripurna DPRD,  Sempena Hari Jadi Meranti Ke-X yang jatuh pada Tan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.