Minggu, 21 Juli 2019
  • Home
  • SIAK
  • Kondisi Perpustakaan Kampung Merangkai Kab. Siak Seperti tak Bertuan
Kamis, 18 Agustus 2016 21:53:00

Kondisi Perpustakaan Kampung Merangkai Kab. Siak Seperti tak Bertuan

Oleh: Atok
Kamis, 18 Agustus 2016 21:53:00
BAGIKAN:
Koleksi Buku di Perpustakaan Kampung Merangkai yang sepi Tak bertuan

DAYUN,SIAK (POROSRIAU.com) - Keberadaan Perpustakaan Desa/Kampung yang telah dibangun oleh masing-masing Pemerintah Kampung (Pemkam) di Kabupaten Siak ini, semestinya bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dan para generasi muda (khususnya pelajar, red) dalam meningkatkan ilmu pengetahuan melalui kegiatan gemar membaca. Namun, alangkah sedihnya jika Perpustakaan yang ada tersebut justeru hanya menjadi pajangan semata.

Seperti Perpustakaan Desa yang terdapat di Kampung Merangkai Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, saat awak media melakukan kunjungan di Perpustakaan tersebut, yang terlihat hanya meja kursi dan tumpukan buku, tanpa ada terlihat satu pun petugas/penjaga di dalam Perpustakaan itu.

"Kok tidak ada orang satu pun di Perpustakaan ini, padahal semestinya setiap Perpustakaan Desa ada pegawai/petugas yang menjaganya, agar setiap ada masyarakat yang hendak melihat-lihat maupun membaca buku di sini, tidak kecewa saat berkunjung," kata Ferdi, salah seorang warga Kecamatan Dayun, Kamis (18/8/2016), saat datang ke Perpustakaan Kampung Merangkai.

Menanggapi hal tersebut, Kerani (Sekdes, red) Kampung Merangkai Suwarno, saat dikonfirmasi terkait kondisi Perpustakaan Desa di Kampungnya itu, justeru hanya memberikan jawaban singkat dan terkesan agak kebingungan.

"Aduh, saya gak tau soal aktivitas di Perpustakaan itu mas, dan sekarang penjaganya pun sedang tidak masuk, karena kabarnya anak beliau sedang sakit," jawab Suwarno.

Lebih lanjut Suwarno menjelaskan, bahwa Perpustakaan Desa yang ada di Kampungnya itu merupakan bangunan yang dibangun oleh pihak Pemerintah Kampung Merangkai melalui kegiatan Pokmas tahun 2014 lalu.

"Kalau gak salah saya, gedung Perpustakaan  itu dibangun pada tahun 2014 lalu melalui kegiatan Pokmas, namun saya lupa entah berapa besar biayanya untuk pembangunan Perpustakaan tersebut," lanjutnya.

Pantauan awak media di lapangan, saat ini kondisi Perpustakaan yang terdapat di Kampung Merangkai itu terkesan cukup memprihatinkan, selain terlihat kurang diminati oleh para pengunjung. Lantai keramik pada teras Perpustakaan tersebut juga tampak hancur lebur. Sehingga kuat dugaan proyek pembangunan Perpustakaan itu, dulunya dikerjakan tanpa mendapat pengawasan maksimal dari pihak Pemerintah Kampung setempat.

Editor: Mu

  Berita Terkait
  • Dibangun dengan Biaya Milyaran, Rumah Tenun Siak Ini Terkesan Kurang Terawat

    3 tahun lalu

    Dilihat dari kejauhan. Rumah tenun yang berada di komplek Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Siak itu seolah masih indah dan menawan. Namun ketika dilihat dari dekat, ternyata kondisi fisik pada bangunan rumah tenun tersebut sudah banyak mengalami kerusakan

  • Kuras APBD Rp2 M Lebih, Taman Makam Pahlawan Siak Kini Jadi "Taman Semak"

    2 tahun lalu

    Proyek pembangunan tahap awal "Taman Makam Pahlawan Siak" yang berlokasi di Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak telah rampung dikerjakan pada menjelang akhir tahun 2015 lalu. Namun belum diketahui secara pasti, apakah bangunan tersebut nanti

  • Habiskan Ratusan Juta, Pembangunan Gedung Serbaguna Belum Selesai

    3 tahun lalu

    DAYUN,SIAK (POROSRIAU.com) - Pemerintah Kampung (Pemkam) Merangkai Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, telah membangun sebuah gedung serbaguna dengan anggaran Alokasi Dana Kampung (ADK) sejak tahun 2015 lalu. Namun sampai hari ini gedung tersebut belum tersel

  • Kinerja Penghulu Merangkai Siak Dipertanyakan ??

    3 tahun lalu

    DAYUN,SIAK (POROSRIAU.com) - Disiplinitas dan Profesionalisme seorang pejabat publik merupakan modal utama dalam hal peningkatan mutu pelayanan dan pengabdian terhadap masyarakat. Namun alangkah ironisnya jika saat jam kantor masih berjalan tetapi pejabat

  • Stadion Mini Kampung Temusai Siak Tidak Terurus, Ini Komentar Camat

    3 tahun lalu

    SIAK (POROSRIAU.com) - Memiliki Stadion Mini merupakan‎ kebanggan tersendiri bagi masyarakat Kampung Temusai, Kecamatan Bungaraya. Namun disebalik itu masyarakat juga menyayangkan kondisi stadion mini itu yang dinilai tidak terurus.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.