Minggu, 24 Maret 2019
Rabu, 13 Maret 2019 21:07:00

Panglima TNI Instruksikan Tangkap Pembakar Lahan

Rabu, 13 Maret 2019 21:07:00
BAGIKAN:
BENGKALIS (POROSRIAU.COM)- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengintruksikan seluruh pasukan TNI dan Polri yang tergabung dalam tim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau meningkatkan patroli.
 
Tak hanya itu, Panglima TNI juga memerintahkan jajaran untuk melakukan penangkapan pelaku pembakar hutan dan lahan.Hal ini disampaikan Panglima TNI saat meninjau lokasi Karlahut di RT15 RW 05 Kelurahan Terkul Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, Rabu (13/3/2019).
 
"Saat ini sudah masuk musim kemarau, pasukan dan peralatan saya standbykan di sini. Walaupun saat ini api sudah berhasil dipadamkan namun mereka saya intruksikan untuk tetap melakukan patroli, jika ada yang melakukan pembakaran akan ditangkap, kita serahkan ke Polri," kata Panglima TNI.
 
Menurut Panglima, kondisi hari ini berbeda ketika dirinya datang beberapa waktu lalu. 
 
"Saya hitung hampir 8 titik yang mengeluarkan asap dan yang terbesar di Rupat ini. Hari ini saya pantau lewat udara semuanya sudah hijau dan tidak terpantau ada titik api atau asap lagi. Dan itu juga dibuktikan dengan pantauan satelit hari ini tidak ada titik api," tambahnya.
 
Dirinya mengharapkan situasi ini tetap terjaga karena kemungkinan-kemungkinan kembali terjadinya karhutla masih ada, sebab pada saat ini masih memasuki musim kemarau
 
."Kita senang ketika melihat dari udara bahwa di Rupat sudah tidak ada lagi asap, semuanya sudah terlihat hijau dan mari bersama-sama kita jaga," ajak Panglima.
 
Panglima juga mengatakan bahwa untuk mencegah munculnya kembali titik api, semua pasukan diinstruksikan agar menjaga lahan gambut agar tetap basah.
 
"Untuk mencegah munculnya kembali titik api, semua pasukan yang ditugaskan di sini sudah saya instruksikan agar menjaga gambut tetap basah," tegasnya.
 
Sementara, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, menambahkan, dengan keterlibatan seluruh unsur TNI/Polri, BPBD, Manggala Agni, MPA dan instansi terkait lainnya dirinya optimis mampu mencegah terjadinya bencana kabut asap akibat Karlahut.
 
Berbagai upaya telah dilakukan, seperti upaya pencegahan prefentif untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan. 
"Kapolda dan Kapolres sudah saya instruksikan, siapapun yang melakukan pembakaran segera proses sesuai hukum. Ini upaya sebagai efek jera," tegas Tito.(mrc)
  Berita Terkait
  • Polsek Tapung Tangkap Pembakar Lahan Di Km 11 Garuda Sakti

    2 tahun lalu

    Peristiwa ini berawal pada Selasa siang (1/8) sekira pukul 14.40 wib, saat didapat informasi dari masyarakat bahwa ada kebakaran lahan di Km 11 Jalan Garuda Sakti, tepatnya di Rt. 05 Rw. 06 Dusun III Kandis Baru Desa Karya Indah Kec. Tapung.

  • Usai Dilantik, BEM Universitas Islam Riau (UIR) Demo Mapolda

    3 tahun lalu

    Pekanbaru(POROSRIAU.com) - Presiden Mahasiswa (Presma) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Riau Ari Juprika Bersama Wakil Presma Siswanto beserta jajaran pengurusnya dilantik Wakil Rektor III Dr. Abdullah Sulaiman pada senin (8/8/2016) di au

  • Menuju Swasembada Pangan, Pemkab Rohil Berbenah Disektor Pertanian Dan Perkebunan

    tahun lalu

    Program ketahanan pangan dimasa kepemimpinan Bupati Rohil H Suyatno terus mengukir prestasi dengan keberhasilnya membina berbagai kelompok tani dalam memachttp://porosriau.com/editor/kcfinder/upload/images/BUP12.pngu peningkatan sektor pertanian hingga pe

  • Tangkap Basah Pasangan Bercinta dengan Perempuan Lain

    2 tahun lalu

    Tidak terbayang, apa yang dirasakan ketika mendapati kekasih dalam keadaan tanpa busana dan ada perempuan lain yang juga tanpa busana di ranjangnya? Dengan langkah gontai, Ine, 26, seorang karyawan swasta meninggalkan kekasihnya yang ia dapati tanpa sehel

  • Lodewyk Pusung: Tak Ada Cerita 2017 Riau Harus Bebas Karlahut

    2 tahun lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM) - Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Lodewyk Pusung tegaskan tahun 2017, Riau harus bebas asap. Karena itu, langkah tegas penegakan hukum tentu menjadi prioritas selain tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap Kebakaran Lahan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.