Jumat, 10 Juli 2020
  • Home
  • DUMAI
  • Bea Cukai Dumai Amankan 32 Kg Sabu - Sabu Dalam Kemasan Teh Cina, 2 Orang Pelaku Ditangkap 1 Orang Berhasil Lolos
Minggu, 14 Juni 2020 20:20:00

Bea Cukai Dumai Amankan 32 Kg Sabu - Sabu Dalam Kemasan Teh Cina, 2 Orang Pelaku Ditangkap 1 Orang Berhasil Lolos

Minggu, 14 Juni 2020 20:20:00
BAGIKAN:
DUMAI, POROSRIAU.COM - Petugas Bea dan Cukai Dumai berhasil mengamankan sabu-sabu sebanyak 32.196 gram atau setara 32 Kg di perairan Tanjung Leban, Bukit Batu, Riau, pada Sabtu siang menjelang sore (13/6/2020). Dua pelaku pembawa sabu-sabu tersebut diamankan, sedangkan seorang lainnya berhasil kabur.
 
Dari keterangan yang diperoleh Indozone.id dari pihak Bea Cukai Dumai, sabu-sabu tersebut dikemas dalam bentuk teh Cina untuk mengelabui petugas. Sabu-sabu kemasan teh Cina tersebut dikemas ke dalam dua paket berisi 30 bungkus.
 
Kepala Seksi PLI Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Dumai, Gatot Kuncoro mengatakan, keberhasilan pihaknya menangkap sabu-sabu tersebut berawal dari laporan dari masyarakat yang memberitahukan bahwa akan ada penyelundupan sabu-sabu dari Kota Muar, Penang, Malaysia menuju Kota Dumai. Informasi tersebut diperoleh pada Jumat jelang tengah malam, sekitar pukul 23.30 WIB.
 
"Atas informasi tersebut, petugas Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Dumai bekerjasama dengan POMAL Dumai, dan BNN Jakarta membentuk tim gabungan untuk melakukan pengejaran," ujarnya.
 
Petugas gabungan lantas bergerak cekatan dengan mengerahkan tiga kapal patroli sekaligus sejak pukul 01.30 WIB. Hingga langit sudah terang, sekitar pukul 07.00, petugas masih belum menemukan kapal yang dicurigai. 
 
"Namun karena tak mau kecolongan, petugas terus berjaga-jaga di perairan sekitar Kawasan Industri Dumai dan perairan Dumai. Mereka sarapan pagi di kapal demi menjaga tubuh agar tetap bisa konsentrasi," kata Gatot.
Benar saja, upaya petugas mengincar sejak dini hari tidak sia-sia. Siang hari sekitar pukul 13.55 WIB, petugas akhirnya melihat sebuah speed boat berkekuatan 60 daya kuda (Paardenkracht/PK) yang melaju kencang menyisir perairan Tanjung Leban dari arah Bengkalis. 
 
Cepat-cepat petugas mengejar kapal speed boat tersebut, yang ternyata ditumpangi 3 orang. Kapal tersebut berusaha kabur dan nekat mau menabrakkan diri ke kapal patroli Bea Cukai, namun karena kesigapan petugas, kapal penyelundup itu malah mengalami kerusakan bodi dan akhirnya tenggelam.
 
Petugas berhasil mengamankan 2 orang yaitu RI, warga Pulau Rupat dan MY warga Kota Dumai, sedangkan satu orang lainnya berhasil melarikan diri dengan melompat ke bibir pantai.
 
Setelah dilakukan pencacahan dan pengujian dengan menggunakan narcotest, petugas mengetahui bahwa 30 bungkus teh cina tersebut ternyata adalah methamphetamine atau met alias sabu-sabu dalam bahasa umumnya.
 
Kedua orang tersebut kemudian diserahkan ke Badan Narkotika Nasional Jakarta beserta barang bukti yang diamankan. (red)
  Berita Terkait
  • Lanal Dumai Tangkap Kurir Sabu

    12 bulan lalu

    DUMAI, POROSRIAU.COM - Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai menangkap dua kurir membawa narkoba jenis sabu sabu 1 kilogram dan 10 ribu butir ekstasi yang akan diselundupkan dari Malaysia melalui Perai

  • Aparat Gagalkan Pengiriman 14 Kilogram Sabu di Dumai

    5 bulan lalu

    Operasi bersama Bareskrim Polri, Polda Riau, Polres, dan Bea Cukai Dumai berhasil menggagalkan upaya pengiriman sebanyak 14 kilogram sabu-sabu dengan tiga tersangka terlibat sebagai kurir.

  • Bawa Dua Kg Sabu Dari Malaysia, Warga Aceh Digulung Polisi

    3 tahun lalu

    Pelaku membawa narkotika diduga sabu sabu dari malaysia (Johor) dengan menggunakan kapal kayu yang bermuatan garam tujuan Selat Panjang Kabupaten Meranti

  • BNN Gagalkan Penyeludupan 10 Kg Sabu dan 30 Ribu Pil Ekstasi

    5 bulan lalu

    Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama tim Bea dan Cukai Dumai berhasil menggagalkan penyeludupan 10 kg Sabu dan 30 ribu butir pil ektasi, Senin (17/12/2020) kemarin malam di ruas jalan Gatot Sibroto, Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan.

  • Polres Dumai Amankan 10 Paket Sabu Berikut Dua Orang Pelaku

    4 tahun lalu

    Dumai (Porosriau.com) - Satuan Narkoba Kepolisian Resort Dumai menyita sebanyak sepuluh paket narkotika jenis sabu-sabu dari tangan dua pelaku yang diamankan di sebuah rumah di Jalan Sidorejo Gang Ikhlas, Rabu.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.