Jumat, 10 Juli 2020
  • Home
  • DUMAI
  • Pansus Ranperda Penyelenggara Kearsipan Provinsi Riau Kunker ke Dumai
Jumat, 05 Juni 2020 23:44:00

Pansus Ranperda Penyelenggara Kearsipan Provinsi Riau Kunker ke Dumai

Jumat, 05 Juni 2020 23:44:00
BAGIKAN:
DUMAI (POROSRIAU. COM) - Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Tentang Penyelenggara Kearsipan Pemerintah Provinsi Riau mengadakan Kunjungan Kerja (Kunker) sekaligus mengadakan sosialisasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai.
 
Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Media Center jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai, Jum'at (5/6/2020).
 
Pertemuan tersebut dibuka Asisten III Setdako Dumai, H. Khairil Adli, dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Suriyanto, Kabid Kearsipan, Kabid Perpustakaan, Nurhayati, Kabag Hukum Setdako Dumai.
 
Hadir pada kunker tersebut, Ketua Pansus Ranperda Penyelenggara Kearsipan Provinsi Riau, Edy Muhamad Yatim bersama anggota DPRD Provinsi Riau diantaranya dr. Sunaryo, Husaimi Hamidi, H Agung Nugroho dan anggota Pansus Ranperda Penyelenggara Kearsipan lainnya.
 
Asisten III H. Khairil Adli menyebutkan akan menyusun terkait pentingnya Kearsipan ini dengan akademis dan akan mengkaji termasuk anggaran yang di butuhkan.
 
" Ini penting sekali, bagaimana Kearsipan itu bisa kita kembangkan. Kalau perlu kita akan buat Perda dan kita rumuskan bersama Bagian Hukum dan Kepala Dinas Kearsipan, "terangnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip), Suryanto, mengungkapkan bahwa perangkatnya sudah jelas, Perda dan keperluan pendukung lainnya sudah ada, tinggal menggalakkan sosialisasi saja.
 
" Dalam Undang-undang juga jelas menerangkan bahwa Perpustakaan dan Kearsipan ikut mencerdaskan anak bangsa. Maka dari itu selama ini kami tetap mensosialisasikan meskipun tak punya anggaran. Kami sosialisasikan ke beberapa sekolah yang ada di Kota Dumai, "ujarnya.
 
Suriyanto juga mengusulkan ke Provinsi Riau agar ada restorasi Arsip, laboratorium dan juga tempat yang layak agar arsip awet karena menjaga keamanan kertas. Dia mengatakan bahwa Kearsiapan Dumai juga ada orang yang ahli sesuai bidangnya tapi sangat disayangkan belum ada gedung yang layak di kota Dumai.
 
"Kita juga sudah koordinasi ke beberapa instansi kerjasama bidang kearsipan ini. Di beberapa provinsi malah ada pengembangan arsip hingga mancanegara. Kita akan buatkan proposalnya ke provinsi untuk pengembangan Kearsipan termasuk tenaga ahli sudah kita siapkan, "ungkapnya.
 
Ketua Pansus, Edy Muhammad Yatim mengatakan, Arsip sangat penting, maka dari itu segera akan membuat Perda dan saat ini sedang dalam perancangan.
 
" Kita juga berharap dari Dumai dapat masukan agar menjadi bahan buat kita. Kami pernah studi banding ke beberapa daerah malah Dinas Kearsipan bisa mendatangkan PAD. Dan kita akan gali apakah ini bisa kita terapkan di Riau. Bagaimana agar ada gedung yang layak dan sama-sama nanti kita carikan solusinya, "katanya.
 
Anggota Pansus Ranperda Penyelenggara Kearsipan Provinsi Riau, dr. Sunaryo menyebutkan, ini sangat bermanfaat sekali, bagaimana dari Kearsipan ini nanti ada income setelah ini. (Dipersip Dumai)
  Berita Terkait
  • Pansus Ranperda Penyelenggara Kearsipan Provinsi Riau Kunker ke Dumai

    satu bulan lalu

      DUMAI, POROSRIAU.COM - Panitia Khusus (Pansus) DPRD Riau melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai, guna  Memperoleh informasi tentang penyelengg

  • Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bengkalis Perubahan Alat Kelengkapan DPRD Kabupaten Bengkalis

    2 tahun lalu

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis pada sidang paripurna Selasa 3 April 2018 mengesahkan empat Peraturan Daerah (Perda).

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.