Minggu, 21 Juli 2019
  • Home
  • MERANTI
  • Meranti Dapat Kuota Khusus Untuk Penerimaan Polri
Jumat, 23 Desember 2016 18:26:00

Meranti Dapat Kuota Khusus Untuk Penerimaan Polri

Oleh: Nur
Jumat, 23 Desember 2016 18:26:00
BAGIKAN:
Nur
Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Barliansyah SIk.

SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Kepulauan Meranti dijanjikan akan mendapat kuota khusus pada penerimaan anggota Polri tahun 2017 mendatang. Hal itu mengingat masih kurangnya jumlah personel yang ada saat ini di Polres Kepulauan Meranti.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah SIk menuturkan, berdasarkan standar Mabes Polri, setiap Polres setidaknya memiliki 700 ratusan personel sedangkan jumlah yang dimiliki oleh Polres Meranti saat ini hanya berjumlah 360 polisi. 

"Artinya kita baru 40 persen saja dibandingkan standar yang ditetapkan Mabes Polri," ungkap Barliansyah saat sosialisasi Penerimaan Calon Anggota Polri (Taruna Akpol, SIPSS, Bintara dan Tamtama Polri ta 2017, di Komplek Afifa Jalan Banglas Selatpanjang, kemarin.

Dia mengaku animo masyarakat di kabupaten bungsu di Riau ini untuk menjadi anggota Polisi masih sangat rendah. Itu terlihat dalam dua tahun terakhir, hanya sekitar 20 orang yang mendaftar. "Yang diterima hanya dua. Ini sangat kecil sekali mengingat kebutuhan yang cukup besar. kita berharap sosialisasi ini bisa menjadi motivasi dan meningkatkan minat masyarakat menjadi anggota polisi," ujarnya.

Dalam sosialisasi yang diikuti ratusan siswa kelas III SMA sederajat itu, dihadiri langsung oleh Karo SDM Polda Riau, Kombes Benny Subandi, Kabag Dalpers Polda Riau, AKBP Hasyim dan sejumlah perwira lainnya, termasuk dokter dan psikolog dari Polda.

Kombes Benny berjanji akan memperjuangkan kuota khusus untuk anak-anak Kepulauan Meranti mengingat kebutuhan yang sangat besar. Namun dia belum bisa memastikan berapa jumlah kuota yang akan diberikan.

"Nanti akan kita analisa dulu berapa jumlah peminat atau pelamar dari Meranti dan berapa jumlah kuota yang diberikan Mabes untuk Polda Riau. Saya akan laporkan langsung ini pada Kapolda," jelas Kombes Benny.

Adapun kuota yang diberikan untuk Polda Riau sebanyak 250 brigadir dan 8 di Akpol.

"Setidaknya ada satu yang lolos Akpol dari Meranti karena belum pernah ada sebelumnya," harap Benny.

Dia juga memastikan rekrutmen anggota Polri akan mengedepankan kualitas dan tidak akan dipungut biaya sepeser pun sesuai dengan slogan Bersih, Transpaaran, Akuntabel dan Humanis (Betah).

"Ingat, tidak pungutan biaya. Jadi jangan percaya kalau ada oknum yang mengaku bisa membantu adik-adik sekalian agar lolos menjadi anggota Polri. Tidak ada yang bisa membantu, hanya kualitas yang menentukan. Jadi persiapkan diri dan pelajari semua persyaratannya," tegas Karo SDM Polda Riau itu.

Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, Tengku Akhrial, yang mewakili Bupati Irwan, menegaskan pemerintah kabupaten akan siap membantu anak-anak daerah yang berminat untuk menjadi anggota Polri. Menurutnya Meranti yang berada di daerah perbatasan negara sangat membutuhkan anggota polri untuk fungsi pengamanan dan penyelesaian berbagai permasalahan hukum.

"Pemkab siap memfasilitasi transportasi dan akomodasi. Jika nanti untuk tes di Pekanbaru, kita tempatkan mereka di mess milik Meranti termasuk fasilitas transportasinya. Kita sangat berterimakasih pada Polda Riau sudah memfasilitasi dan memberikan kuota khusus. Apalagi jika memang ada satu jatah Akpol bagi anak Meranti," tambah asisten III.(nur)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Berhasil Tekan Angka Karlahut, BPBD Meranti Raih Penghargaan dari Gubri

    3 tahun lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Berkat kerja keras Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti, dibantu dengan Stakeholders terkait mulai dari TNI, Polri, Pihak Swasta serta masyarakat. BPBD Meranti berhasil menekan angka kebakara

  • Wakil Bupati Meranti Buka Rapat Forum Perangkat Daerah Tahun 2019

    4 bulan lalu

    Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Makmun Murod, kegiatan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti ini dalam Rangka Penyusunan Renja Perangkat Daerah dan RKPD Tahun 2020.

  • LPTQ Bengkalis Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan STQ Riau di Meranti

    tahun lalu

       BENGKALIS(POROSRIAU.COM) - Lembaga Pengembangan Tilawah Qur'an (LPTQ) Kabupaten Bengkalis menggelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-1 tingk

  • DPRD Meranti Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Pansus dan Pengesahan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2017

    12 bulan lalu

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Rapat Paripurna Tentang Penyampaian Laporan Pansus A dan Pengesahan Ranperda Pertanggungjawaban Penggunaan APBD T.A 2017, Rabu (1/8/2018) di Balai Sidang DPRD Meranti.

  • Jika Langgar Aturan, Wabup Tak Segan Copot Jabatan Pegawai

    3 tahun lalu

    MERANTI (PR) - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim serius melihat dan mengamati prilaku pegawai dilingkungan Pemkab. Meranti, dirinya tak ingin kerusuhan di Meranti yang terjadi baru-baru ini terulang, dan ditakutkan kerusuhan justru t

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.