Selasa, 03 Agustus 2021
  • Home
  • NASIONAL
  • Dewan Pers Percayakan UPN Veteran Yogyakarta Gelar UKW Gratis di Dua Provinsi
Kamis, 28 Januari 2021 08:28:00

Dewan Pers Percayakan UPN Veteran Yogyakarta Gelar UKW Gratis di Dua Provinsi

Kamis, 28 Januari 2021 08:28:00
BAGIKAN:
JAKARTA, POROSRIAU. COM - Selain memberi kepercayaan menggelar UKW (Uji Kompetensi Wartawan) gratis di Provinsi Kepri, Dewan Pers juga telah memutuskan memberi kepercayaan kepada UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta untuk menggelar program UKW gratis di Sumatera Selatan dan Gorontalo.
 
Keputusan itu tertuang dalam surat bernomor : 56/DP/K/I/2021 yang ditandatangani oleh 
Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh di Jakarta, 25 Januari 2021. Maka, menindaklanjuti keputusan itu, Dewan Pers kemudian menggelar zoom meeting dengan lembaga penguji UKW yang mendapat kepercayaan menggelar UKW yang dibiayai  tersebut, Rabu (27/1/2021). 
 
Zoom meeting yang dipimpin oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun itu dihadiri oleh para perwakilan lembaga penguji UKW dari PWI, AJI, IJTI, LPDS, LSPR, RRI dan lembaga penguji UKW lainnya. Dari UPN Veteran Yogyakarta hadir Direktur UKW UPN Veteran Yogyakarta, Susilastuti DN dan Koordinator Program UKW fasilitasi Dewan Pers UPN Veteran di Kepri, Saibansah Dardani. 
 
Dalam pertemuan virtual itu, Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun membahas agenda pelaksanaan Pra-UKW dan UKW di seluruh provinsi. Kemudian, sebelum mengikuti UKW gratis, seluruh peserta harus mengikuti Pra-UKW terlebih dahulu. Jumlah peserta yang mengikuti Pra-UKW dibatasi 60 orang. 
 
"Dalam Pra-UKW nanti akan ada pra test dan post test. Dari 60 orang yang mengikuti Pra-UKW itu, dipilih 54 orang yang akan menjadi peserta UKW gratis, sisanya cadangan," ujarnya. 
 
Sebelum mengikuti Pra-UKW yang digelar secara virtual, lanjut Hendry Ch Bangun, lembaga penguji UKW akan melakukan verifikasi administrasi dan pra test kepada para calon peserta. "Seleksi awal dilakukan oleh lembaga uji, sebelum nanti bisa mengikuti Pra-UKW," tegas mantan wartawan Kompas itu.
 
Menariknya, dari 60 orang yang lulus verifikasi administrasi dan pra test oleh lembaga uji, mereka akan mendapat uang pulsa sebagai modal mereka untuk mengikuti Pra-UKW yang digelar secara virtual yang diajar oleh tiga orang pengajar. Yaitu, 1 orang dari Dewan Pers dan 2 orang lagi dari lembaga uji.
 
Menanggapi kepercayaan Dewan Pers tersebut, Direktur UKW UPN Veteran Yogyakarta, Susilastuti DN mengatakan, bagi para wartawan di Sumatera Selatan dan Gorontalo yang berminat mengikuti program UKW gratis dari Dewan Pers itu, sudah bisa mulai mempersiapkan diri. 
 
"Nanti akan kita buatkan google form bagi para calon peserta UKW gratis di Sumatera Selatan dan Gorontalo. Jadi, mereka bisa mendaftar secara online seperti yang telah kita buat di Provinsi Kepri," ujar Susilastuti DN. 
 
Meskipun target sasaran utama program UKW fasilitasi Dewan Pers ini adalah para wartawan muda, namun tidak tertutup kemungkinan bagi wartawan muda yang ingin naik jenjang ke madya, atau dari madya yang ingin naik jenjang ke utama. Namun harus memenuhi jumlah peserta yaitu 6 orang/ kelompok.
 
"Yang penting sudah memenuhi syarat untuk naik jenjang, wartawan muda yang ingin naik ke madya harus sudah lebih 3 tahun dan lebih dari 2 tahun bagi wartawan madya yang ingin naik ke jenjang utama," jelas Dewan Redaksi Majalah Suara Aisyiyah Yogyakarta itu.***
  Berita Terkait
  • Miliaran Dana Kerjasama Publikasi Media Diduga Dikorupsi

    3 tahun lalu

    )-- Puluhan Perusahaan Pers yang telah menandatangani MoU kerjasama publikasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Tahun Anggaran APBD 2018, merasa jenuh dengan janji-janji Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Inhil.

  • PWI Riau Kembali Gelar Uji Kompetensi Wartawan Desember Mendatang

    4 tahun lalu

    Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau kembali akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan IX, di Pekanbaru, 15-16 Desember 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kualitas kerja wartawan anggota PWI di Provinsi Ria

  • PWI Riau Gelar Audiensi Dengan Gubri

    4 tahun lalu

    Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018, jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau melakukan audiensi dengan Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman, di kediaman Gubri Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Rabu (24/01/2018)

  • Redaksi

    5 tahun lalu

    Diterbitkan Oleh PT. Rakit Media Perkasa   Notaris-PPAT Fenty Febria Moris, SH.,M.Kn SIUP : Nomor: 157/PZN/SIUP-PK/I/2015 SITU :  Nomor:061/BPMP2T-Pzn/SITU/2015/1

  • Minim Anggaran, Meranti Tetap Gelar Pemilihan Bujang Dara

    5 tahun lalu

    Perekonomian Kabupaten Kepulauan Meranti memang menjadi perhatian bersama, Hampir semua pembangunan menjadi terkendala tidak menutup kemungkinan program dari Disparpora Kabupaten Meskipun terkendala dan nyaris tidak ada anggaran.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.