Selasa, 16 Juli 2019
Iklan PT Zulkarnain
  • Home
  • NASIONAL
  • Kucurkan Rp.20 Triliun, Sri Mulyani : Gaji ke-13 ASN dan TNI - Polri Sudah Cair
Rabu, 03 Juli 2019 03:49:00

Kucurkan Rp.20 Triliun, Sri Mulyani : Gaji ke-13 ASN dan TNI - Polri Sudah Cair

Rabu, 03 Juli 2019 03:49:00
BAGIKAN:
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (POROSRIAU.COM) – Kementerian Keuangan memastikan, pencairan bonus atau gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) baik TNI, Polri, maupun pensiunannya telah dilakukan pada hari ini, (02/07). 
 
Anggaran yang dicairkan pemerintah untuk gaji ke-13 tersebut sebesar Rp.20 triliun. Itu setara dengan anggaran yang diberikan pemerintah untuk Tunjangan Hari Raya atau THR bagi ASN termasuk TNI, Polri, maupun pensiunan yang diberikan pada Mei 2019 lalu.
 
"Hari ini sudah dibayarkan gaji 13 plus tunjangannya. Total kurang lebih Rp20 triliun," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti saat dihubungi VIVA, Selasa, (02/07).
 
Sebagaimana yang dikatakan Nufransa, pembayaran gaji ke-13 PNS meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja, sebagaimana mengacu dalam PP Nomor 19 Tahun 2018. Itu lebih banyak dari komponen 2017 yang hanya terdiri dari gaji pokok. 
 
Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pencairan gaji ke-13 bagi aparatur sipil negara atau ASN akan dilakukan pada 1 Juli 2019. Ketentuan gaji ke-13 ini sama bagi PNS yang sudah berkeluarga atau belum meskipun, tujuan awal gaji ke-13 ini adalah untuk biaya sekolah. 
 
"Pencairan selalu 1 Juli. Awal juli, memang dia dibedakan. Supaya yang ini untuk THR (tunjangan hari raya), yang satu untuk masa sekolah baru," ungkap Sri beberapa waktu lalu.
 
Menurut dia, pencairan gaji ke-13 itu tidak akan mengganggu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Meskipun sebelumnya, pemerintah sudah mengeluarkan anggaran cukup besar untuk THR pada Mei 2019. ***
 
Editor: Redaksi

Sumber: viva.co.id

  Berita Terkait
  • Pemerintah Tambah Rp 6 Triliun untuk Kenaikan Gaji Pokok PNS dan Pensiunan Tahun Depan

    11 bulan lalu

    Tahun depan, pemerintah akan menaikkan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan PNS sebesar 5% dari gaji pokok.

  • APBN 2018 Dianggap Populis, Ini Penjelasan Sri Mulyani

    2 tahun lalu

    Sri Mulyani menjelaskan, fokus Presiden Jokowi sesuai dengan konsep Nawacita adalah pemerataan pembangunan dan kesejahteraan manusia semaksimal mungkin.

  • Jusdi Bantah Sudah Ditetapkan Sebagai Tersangka, Kuasa Hukum Ungkap Beberapa Fakta

    tahun lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Jusdi alias Oh Yu Peng (62) ,  membantah bahwa dirinya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Penyidik Polda Riau, terkait dugaan penggelapan dana Yayasan Umat Bera

  • Perdagangan Manusia Terbesar Di Timur Tengah Berhasil Terungkap

    3 bulan lalu

    Mabes Polri tengah memproses delapan orang yang diduga terlibat dalam kasus dugaan perdagangan sekitar 1.200 orang ke negara-negara di Timur Tengah sebagai tenaga kerja ilegal.

  • Palsukan Tanda Tangan, Mantan Kabag Keuangan PDAM Dumai Curi Uang Negara

    3 tahun lalu

    DUMAI (POROSRIAU.com) – Okt mantan Karyawan di Kantor PDAM Tirta Dumai Bersemai telah menghilangkan diri sejak tahun 2015 lalu karena lakukan perbutan melanggar hukum, yakni dengan memalsukan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.