Kamis, 21 September 2017
  • Home
  • OLAHRAGA
  • Bantai Brunei Darussalam, Timnas U-19 Masuk semifinal Piala AFF U-18 2017
Rabu, 13 September 2017 18:00:00

Bantai Brunei Darussalam, Timnas U-19 Masuk semifinal Piala AFF U-18 2017

Oleh: Redaksi
Rabu, 13 September 2017 18:00:00
BAGIKAN:
Timnas Indonesia U-19 memastikan diri ke semifinal Piala AFF U-18 2017 dengan kemenangan telak 8-0 atas Brunei Darussalam, Rabu (13/9/2017). (Liputan6.com)

POROSRIAU.COM--Yangon Timnas Indonesia U-19 memastikan diri melangkah ke semifinal Piala AFF U-18 2017 setelah di pertandingan terakhir Grup B berhasil menang telak 8-0 atas Brunei Darussalam di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Rabu (13/9/2017). Kemenangan telak ini membawa Tim Garuda Nusantara untuk sementara berada di puncak klasemen Grup B dengan keunggulan selisih gol atas Vietnam yang masih akan menghadapi Myanmar di laga terakhir.

Delapan gol Timnas Indonesia U-19 diciptakan oleh Rafli Nursalim yang mengemas hattrick melalui gol pada menit pertama, menit ke-42, dan pada masa injury time babak pertama. Selain Rafli, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman mencetak dua gol. Egy mencetak gol pada menit ke-18 dan 23'. Sementara Witan mencetak gol pada menit ke-40 dan 66'. Sementara satu gol tambahan dicetak oleh Hanis Saghara Putra pada menit ke-68.

Timnas Indonesia membuka keunggulan dalam hitungan 43 detik setelah kick-off babak pertama Grup B Piala AFF U-18 2017. Muhammad Rafli Nursalim langsung menjebol gawang Brunei yang dikawal Ak Muhd Amirul Hakim PG Zulkarnain. Rafli bertarung dengan bek Brunei, Muhammad Azirul Asmaji Adi, sebelum akhirnya mengecoh pemain bertahan dan kiper Brunei itu untuk mengoyak jala gawang lawan dan membawa Timnas Indonesia U-19 unggul

Timnas Indonesia U-19 terus mencoba menambah keunggulan dengan menekan pertahanan Brunei Darussalam. Segala upaya lini depan Tim Garuda Nusantara untuk menambah keunggulan dilakukan. Sementara itu, Brunei mencoba melakukan serangan balik yang selalu kandas sebelum memasuki kotak penalti Indonesia.

Gol kedua Timnas Indonesia U-19 tercipta berkat kerja sama antara Rafli Nursalim dan Egy Maulana Vikri di garis pertahanan Brunei. Umpan terobosan Rafli disambut baik oleh Egy yang kemudian melepaskan tembakan kaki kiri yang meluncur perlahan ke dalam gawang lawan. Upaya dua pemain bertahan Brunei untuk menghalau bola masuk ke dalam gawang gagal dan Timnas Indonesia U-19 unggul 2-0.

Skema serupa kembali dilakukan Timnas Indonesia U-19 untuk mencetak gol ketiga pada menit ke-23. Umpan terobosan Feby Eka Putra kembali didapatkan oleh Egy Maulana Vikri yang kemudian melepaskan tembakan kaki kiri mendatar yang kembali bersarang di gawang Brunei .

Timnas Indonesia U-19 terus berpesta dengan tambahan dua gol pada menit ke-40 dan 42'. Witan mencetak gol cantik pada menit ke-40 dengan melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti. Bola yang ditembaknya meluncur tajam ke sudut atas gawang Brunei yang gagal dihalau oleh Amirul Hakim. Namun, dalam dua menit berselang giliran Rafli yang mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini untuk membawa Tim Garuda Nusantara unggul 5-0.

Pesta Tim Garuda Nusantara berlanjut dengan gol ketiga Rafli pada masa injury time babak pertama. Memanfaatkan umpan terobosan dari Witan Sulaeman, Rafli dengan mudah mencetak gol yang membuatnya mengemas hattrick. Pertandingan babak pertama pun berakhir dengan skor telak 6-0.

Dalam keunggulan 6-0 di babak pertama, Timnas Indonesia U-19 menambah dua gol dengan jeda antargol hanya dua menit. Gol ketujuh Tim Garuda Nusantara diciptakan oleh Witan Sulaeman pada menit ke-66 melalui tandukan kepala setelah pemain tengah Timnas Indonesia U-19 itu tak terkawal di kotak penalti.

Sementara itu, gol kedelapan Tim Garuda Nusantara diciptakan oleh Hanis Saghara pada menit ke-68. Pemain yang baru masuk sekitar dua menit setelah Rafli Nursalim mengalami cedera itu langsung on fire dan menjebol gawang Brunei Darussalam. Gol yang dicetak Hanis menjadi gol terakhir yang diciptakan oleh tim asuhan Indra Sjafri dalam kemenangan telak ini.

Timnas Indonesia U-19 pun memastikan diri ke semifinal berkat kemenangan telak ini. Tim Garuda Nusantara mengemas sembilan poin dari empat laga, jumlah poin yang sama seperti Vietnam tapi unggul satu gol dalam hal produktivitas gol. Sementara itu, Vietnam dan Myanmar masih akan memperebutkan satu jatah tempat di semifinal satu jam setelah Tim Garuda Nusantara memastikan langkah ke semifinal.

Susunan pemain:

Brunei Darussalam (5-3-1): AK Muhd Amirul Hakim PG Zulkarnain (kiper); Muhammad Rahimin Abdul Ghani, Muhammad Azirul Asmadi Aji, Abdul Wadud Ramli, Muhammad Nazif Safwan Jaini, Muhammad Wafi Aminuddin (belakang); Muhammad Nur Asyraffahmi Norsamri, Muhammad Hanif Farhan Azman, Muhammd Abdul Mateen Said (tengah), Muhammad Aqil Danish Aslam (depan).

Cadangan: Mohammad Badaruddin Abu Bakar, Mohammad Haziq Haswan Wahid, Awangku Ahmad Taufiq Tarmizi, Muhammad Firduas Fadziullah Yahya, Mohammad Alinur Rashimy Awang Jufri, Mohamad Adi Shukry Salleh, Muhammad Danish Koh Md Hanif Koh, Muhammad Nazhan Zulkiflie, Muhammad Khairul Alimin Muhd Ali, Md Suhaily Syafiee Adullah Mazrazni, Md Nazmie Hj Adanan, Aslam Abdul Qayyum Lazim.

Pelatih: Takao Fujiwara                

Indonesia (4-2-3-1): Muchamad Aqil Savik, Kadek Raditya Maheswara, Samuel Christianson, Rachmat Irianto, Dedi Tri Maulana (belakang); Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam Bahar, Egy Maulana Vikri, Feby Eka Putra (Saddil Ramdani, 46') (tengah); Muhammad Rafli Nursalim (Hanis Saghara Putra, 66') (depan).

Cadangan: Gianluca Pagliuca Rossy, Julyano Pratama Nono, Nurhidayat Haji Haris, Muhammad Iqbal, Muhammad Rifad Marasabessy, Saddil Ramdani, Irsan Rahman Lestaluhu, Hanis Saghara Putra, Resky Fandi Witriawan, Firza Andika.

Pelatih: Indra Sjafri

Editor: Chaviz

Sumber: bola.com

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Hadapi Timnas Indonesia, Thailand Jiplak Strategi Alfred Riedl

    9 bulan lalu

    POROSRIAU.COM - Pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang membuat kejutan pada final leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pekansari, Cibinong, Rabu (14/12/2016). Tim Gajah Putih menampilkan skema permainan 4-4-2, yang selama ini diusung pelatih Timnas Indone

  • Nama Guus Hiddink Muncul Jadi Calon Pelatih Timnas Indonesia

    9 bulan lalu

    POROSRIAU.COM-- Ide fantastis mendatangkan pelatih top dunia, Guus Hiddink, untuk menukangi Timnas Indonesia dicuatkan Menpora, Imam Nahrawi. Sang menteri menawarkan diri membantu PSSI untuk bernegosiasi dengan arsitek asal Belanda yang tengah menganggur

  • Timnas U-19 Gebuk Myanmar, Berikut Kecerdikan Strategi Indra Sjafri

    2 minggu lalu

    Secara dramatis Timnas Indonesia U-19 sukses mengalahkan tuan rumah Myanmar dengan skor 2-1 dalam laga perdana penyisihan Grup B Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (5/9/2017). Tim Merah-Putih sempat tertinggal sebelum akhirnya menutup

  • Timnas Bantai Filipina, Jokowi Berkicau Di Twitter

    2 minggu lalu

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung bereaksi terhadap kemenangan pasukan Garuda Nusantara yang sukses menghancurkan Filipina 9-0 pada turnamen AFF U-18 di Myanmar, Kamis (7/9/2017).

  • Berikut Prediksi Indonesia Vs Myanmar: Bangkit, Garuda Nusantara!

    4 hari lalu

    Perjuangan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18 2017 masih belum tuntas. Masih ada duel untuk memperebutkan peringkat ketiga melawan Myanmar. Buat sebagian kalangan, mungkin pertandingan ini sudah dianggap tak penting lagi setelah Tim Garuda Nusantara

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.