Minggu, 19 November 2017
  • Home
  • OLAHRAGA
  • Hadapi Timnas Indonesia, Thailand Jiplak Strategi Alfred Riedl
Rabu, 14 Desember 2016 22:23:00

Hadapi Timnas Indonesia, Thailand Jiplak Strategi Alfred Riedl

Rabu, 14 Desember 2016 22:23:00
BAGIKAN:
Int
Laga Timnas Indonesia vs Thailan

POROSRIAU.COM - Pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang membuat kejutan pada final leg pertama Piala  AFF 2016 di Stadion Pekansari, Cibinong, Rabu (14/12/2016). Tim Gajah Putih menampilkan skema permainan 4-4-2, yang selama ini diusung pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl.

Perubahan ini agak mengejutkan karena sepanjang Piala AFF 2016, Thailand lebih sering bermain dengan formasi dasar 3-4-3, 4-3-3, 3-4-1-2.

Terlihat kalau tim tamu tidak ingin bermain terbuka. Kiatisuk memancang kuartet bek Adison Promrak, Theerathon Bunmathan,Tristan Do, serta Koravit Namwiset, untuk mengantisipasi serangan balik cepat Timnas Indonesia.

Saat laga penyisihan Grup A, Thailand meladeni Tim Merah-Putih dengan mengandalkan trio bek tengah. Mereka kebobolan dua gol, Lerby Eliandry dan Boaz Solossa. Pertandingan sendiri berkesudahan 4-2.

Kiatisuk mengaku terkejut dengan strategi serangan balik Tim Garuda yang mematikan. "Timnas Indonesias punya banyak pemain cepat yang layak diwaspadai. Mereka amat merepotkan kami," ungkap sang mentor sehari menjelang final leg pertama.

Di sisi ofensif, Thailand menampilkan duet Serwaut Masuk dan Teerasil Dangda.

Akan tetapi formasi Thailand lentur, bisa berubah mengikuti situasi di lapangan. Tristan Do bakal jadi pemain bunglon memperkuat lini belakang dan tengah di sisi melebar. Formasi bisa berubah menjadi 3-5-2 atau 3-4-1-2, dengan mengandalkan Chanathip Songkrasin sebagai penyerang lubang.

Sebaliknya, Timnas Indonesia yang di sepanjang laga uji coba serta penyisihan Piala AFF 2016 bermain dengan patron 4-4-2, mulai fase semifinal tampil dengan formasi 4-2-3-1.

Ada dua pemain gelandang jangkar, Manahati Lestusen dan Bayu Pradana, yang disiapkan Alfred Riedl untuk menghadang arus serangan Thailand.

Pelatih asal Austria tersebut belajar dari pengalaman pertemuan pertama. Mengandalkan formasi 4-4-2 lini pertahanan Tim Merah-Putih terlihat lebih mudah ditembus.

Duet gelandang Bayu Pradana dan Stefano Lilipaly seringkali bermain terlalu berjauhan. Di sektor tengahTimnas Indonesia memunculkan lubang besar yang dimanfaatkan maksimal oleh Thailand.

Susunan pemain:

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga (Kiper); Beny Wahyudi, Fachrudin, Hansamu Yama, Abduh Lestaluhu (Belakang); Rizky Pora, Bayu Pradana, Manahati Lestusen, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah (Tengah); Boaz Solossa (Depan).

Thailand (4-4-2): Kawin Thamsatchanan (Kiper); Adison Promrak, Theerathon Bunmathan, Tristan Do, serta Koravit Namwiset (Belakang); Sarach Yoosen, Kroekrit Thawikan, Pokklaw A-Nan, Chanatip Songkrasin (Tengah); Teerasil Dangda, Serawut Masuk (Depan).

Editor: Chaviz

Sumber: bola.com

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Timnas Indonesia Akhirnya Harus Puas Menjadi Runner-up di Piala AFF 2016

    11 bulan lalu

    POROSRIAU.COM - Timnas Indonesia akhirnya harus puas menjadi runner-up di Piala AFF 2016 setelah di pertandingan leg kedua final Piala AFF 2016 yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016), kalah 0-2 dari Timnas Thailand. Timnas Indone

  • Nama Guus Hiddink Muncul Jadi Calon Pelatih Timnas Indonesia

    11 bulan lalu

    POROSRIAU.COM-- Ide fantastis mendatangkan pelatih top dunia, Guus Hiddink, untuk menukangi Timnas Indonesia dicuatkan Menpora, Imam Nahrawi. Sang menteri menawarkan diri membantu PSSI untuk bernegosiasi dengan arsitek asal Belanda yang tengah menganggur

  • Pelatih Vietnam: Kemenangan atas Timnas Indonesia Tidak Istimewa

    12 bulan lalu

    Pelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang, tak ingin anak-asuhnya euforia berlebihan usai menaklukkan Timnas Indonesia 3-2 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (8/11/2016).

  • Gol Lilipaly Pastikan Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2016

    12 bulan lalu

    Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala AFF 2016 setelah sukses mengalahkan Singapura dengan skor 2-1 pada laga terakhir penyisihan Grup A di Stadion Rizal Memorial, Jumat (25/11/2016) malam.

  • Indonesia Kembali Gasak Malaysia Dengan Skor 3-0

    tahun lalu

    Solo (POROSRIAU.com) - Indonesia kembali dari sanksi FIFA dengan kemenangan meyakinkan. Tim 'Garuda' menang telak 3-0 atas Malaysia dalam laga ujicoba.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.