Senin, 21 September 2020
Kamis, 08 November 2018 09:45:00

Lion Air Tampaknya Perlu Istirahat Dulu

Oleh: Redaksi
Kamis, 08 November 2018 09:45:00
BAGIKAN:
Emrus Sihombing

Berulangkali permasalahan menerpa maskapai Lion Air. Dari berbagi permasalahan tersebut, secara hipotetis  bisa memperbesar kepercayaan publik,  bahwa maskapai ini belum termasuk kategori aman untuk digunakan sebagai alat trasportasi udara.

Untuk itu, menurut hemat saya,  sudah saatnya perusahaan ini perlu instrospeksi diri secara internal dan menyampaikan kepada publik kekurangan-kekurangan yang ditemukan dalam pengelolaan Lion Air selama ini. Tidak perlu harus menunggu desakan dari publik maupun  yang bisa jadi berdampak keluarnya surat peringatan atau pemberian sanksi dari Kementerian Perhubungan.

Belum kering air mata keluarga para korban jatuhnya Lion Air pekan lalu yang diduga kuat menewaskan semua penumpang,  muncul kejadian baru pesawat yang lain dari maskapai ini menabrak tiang di Bandara Fatmawati Bengkulu.

Sebagai bagian dari pertanggungjawaban publik akibat manajemen Lion Air yang masih sangat memprihatinkan ini,  sudah saatnya maskapai ini menyatakan diri "istirahat" mengudara hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Masa rentang waktu "istirahat" itu,  direksi perusahaan Lion Air perlu sungguh-sungguh berkontemplasi  untuk menentukan satu pilihan dari tiga alternatif. Pertama, mungkin ini saatnya para direksi mengambil keputusan bulat agar maskapai ini menyatakan diri untuk 'istirahat" terbang selama rentang waktu yang belum ditentukan. Atau kedua,  kemungkinan mempertimbangkan mengganti direktur utama Lion yang mampu melakukan revolusi mental kepada segenap manajemen dan karyawan di maskapai ini, tanpa kecuali. Atau boleh jadi,  perlu juga dipertimbangkan agar Lion Air merger dengan Citilink. ***

PENULIS: Emrus Sihombing, Direktur Eksekutif Lembaga Emrus Corner

 

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Listrik Masih Padam Pasca Insiden Korsleting, PLN Bengkalis Sampaikan Permohonan Maaf

    2 tahun lalu

    Pasca insiden korsleting Mesin panel Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) milik PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) persero cabang Bengkalis, sejak pukul 19.30 WIB malam tadi hingga saat jaringan listrik di Bengkalis masih dalam kondisi padam.

  • Ujung Tombak Tegakkan Perda, Agus Pramono Tegaskan Satpol PP Perlu Kartu BPJS

    2 tahun lalu

    PEKANBARU (POROSRIAU.COM) - Dalam mengawal tegaknya peraturan daerah (Perda), Satpol PP berada paling depan dan tidak tertutup kemungkinan berisiko terhadap keselamatan diri. Oleh sebab itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru membekali 370 tenaga harian le

  • Siap Sahur Jangan Tidur Dulu, Ini alasannya...

    3 tahun lalu

    Beberapa saat setelah usai makan sahur, mungkin Anda merasa mengantuk. Tapi setelah selesai makan sahur, Anda tidak dianjurkan untuk langsung tidur. Ini alasannya.

  • Warung Remang-Remang Mulai Menjamur Di Rohul

    4 tahun lalu

    Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sebagai daerah yang dijuluki negeri seribu suluk, yang sangat kental nuansa islaminya, saat ini telah menjadi salah satu kota tujuan wisata religi bagi masyarakat luar Kabupaten Rohul bahkan luar provinsi Riau untuk berkun

  • Palak Tukang Roti, Seorang Oknum Polisi Langsung Jadi Begini

    4 tahun lalu

    Baru-baru ini Sebuah postingan yang diunggah oleh akun Facebook bernama Immanuel Purba menjadi viral.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.