Minggu, 31 Mei 2020
  • Home
  • PEKANBARU
  • Aplikasi KendaliCovid19 Minimalisir Penyebaran Covid-19
Jumat, 10 April 2020 14:43:00

Aplikasi KendaliCovid19 Minimalisir Penyebaran Covid-19

Jumat, 10 April 2020 14:43:00
BAGIKAN:
mcr
PEKANBARU, POROSRIAU.COM - Berbagai langkah dan inovasi terus dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Sepertk dengan melahirkan Aplikasi KendaliCovid untuk membantu pengendalian Covid-19 di Indonesia kini sudah bisa diunduh melalui situs yang beralamat di kendalicovid19.id.
 
KendaliCovid adalah aplikasi dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang dihadirkan sebagai salah satu upaya untuk menentukan apakah masyarakat mungkin memerlukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terkait Covid-19.
 
Cara kerjanya menggunakan data yang diproduksi oleh gadget melalui pengisian kuesioner (self assessment) untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Setelah tahap pengisian kuesioner selesai, maka masyarakat dapat melihat hasil assesment pada gadget, dimana ada beberapa indikator dari hasil assesment tersebut, yaitu risiko rendah, risiko sedang, dan risiko tinggi.
 
Menurut keterangan yang tertera di situsnya, aplikasi KendaliCovid, masyarakat diminta untuk menjawab kuesioner dengan jujur dan membantu pemerintah Indonesia mengendalikan penyebaran Covid-19.
 
"Dengan berpartisipasi di aplikasi ini, Anda telah membantu pengendalian Covid-19 di dalam keluarga, orang-orang terdekat, dan Indonesia. HIPMI inisiatif membantu pemerintah dengan cara bekerjasama dengan perusahaan swasta anak bangsa membuat aplikasi kuesioner untuk clustering Covid-19," ujar Sekretaris Jenderal BPP HIPMI Bagas Adhadirgha, Jumat (10/4/2020).
 
Ia mengatakan, Kendalicovid19.id menggunakan data yang diproduksi oleh gadget melalui pengisian kuesioner untuk merekam informasi yang dibutuhkan seputar Covid-19, sehingga memberikan kemudahan penyampaian informasi yang akurat dalam pengujian mandiri risiko tertular Covid-19.
 
Pengisian kuesioner dilakukan selama tiga hari berturut-turut dengan pertanyaan yang berbeda, untuk mengidentifikasi apakah memiliki risiko rendah, risiko sedang, dan risiko tinggi dalam terpapar Covid-19.
 
“Jika Anda berada pada risiko sedang dan risiko tinggi, akan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut di rumah sakit rujukan atau fasilitas kesehatan terdekat dari alamat yang didaftarkan. Bersama Kita Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 Kendalicovid19.id sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda," ucapnya.
 
Data akan disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data hanya akan diakses bila masyarakat dalam risiko tertular Covid-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan yang ditunjuk pemerintah.
 
KendaliCovid sekarang sudah tersedia untuk IOS & Android. Saat pertama kali dipasang, KendaliCovid akan muncul tampilan yang menanyakan instalasi dari sumber yang tidak dikenali oleh perangkat Android.
 
"Kemudian, setelah tekan install / pasang maka akan muncul tampilan berikut pada layar android. Silahkan klik Install Anyway," pungkasnya. (MCR)
  Berita Terkait
  • Virus Corona: Antara 600.000 hingga 700.000 'Berisiko Terpapar', Pemerintah Indonesia Lakukan Rapid Test

    2 bulan lalu

    Tepat tiga pekan setelah Indonesia mengonfirmasi kasus pertama virus yang punya nama resmi Covid-19 tersebut, pemerintah memulai tes massal.

  • Wako Zulkifli AS Ikuti Rekor Penanggulangan Covid-19 di Provinsi Riau

    3 bulan lalu

    Rakor pembahasan penanggulangan penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau dipimpin langsung oleh Gubernur Riau

  • Wako Dumai Bahas Penanganan Covid-19 dengan Pemprov Riau

    2 bulan lalu

    Vidcon dilaksanakan di ruang Posko Tanggap Darurat COVID-19 Kota Dumai, lantai II Kantor Diskominfo. Pada Senin, 30 Maret 20

  • Covid Terus Menjepit, Di Mana Kelas Atas Kita?

    4 minggu lalu

    Di saat semua orang harus waspada agar tidak terpapar dan terkapar virus asal Wuhan, China itu, di situ pula banyak orang yang terancam kelangsungan hidupnya, gara-gara kehilangan pekerjaan.

  • Apical Group Sumbang 500 Pcs Masker, Sepatu Boots dan Susu ke RSUD Dumai

    2 bulan lalu

    Kamero Bangun, kepala humas PT Sari Dumai Sejati yang turun langsung menyerahkan bantuan kepada tim pelayanan RSUD Dumai berupa masker (500 pieces), sepatu booth dan susu.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.