Selasa, 11 Agustus 2020
  • Home
  • PEKANBARU
  • Kapolda : Tidak Semua Lahan Yang Terbakar Diberi Police Line
Selasa, 07 Juli 2020 13:02:00

Kapolda : Tidak Semua Lahan Yang Terbakar Diberi Police Line

Selasa, 07 Juli 2020 13:02:00
BAGIKAN:
PEKANBARU, POROSRIAU.COM -Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi mengatakan tidak semua lahan yang terbakar diberi garis polisi (police line-red).
 
Hal ini ditegaskan Kapolda saat dikonfirmasi terkait masih ada lahan yang terbakar, namun tidak diberi police-line."Dari semua lahan yang terbakar, tidak semua harus di police line,"tegasnya, Selasa (7/7/20) di Pekanbaru.
 
Kapolda meneranhkan, police line merupakan langkah penyidik untuk menstatuskan quo-kan sementara lahan tersebut. Agar penyidik dapat bekerja untuk mencari alat bukti.
 
Pemberikan garis polisi itu lanjutnya, sebagai cara penyidik untuk menemukan alat bukti. Dari situ, jika ditemukan alat bukti, maka akan dilakukan gelar perkara.
 
"Berdasarkan dari temuan itu, kemudian penyidik akan merumuskan apakah masuk pidana atau tidak. Kalau tidak ada, tidak dilanjutkan,"terangnya.
 
Kapolda menegaskan, jika hukum tidak melihat siapa pelakunya. Asal jika ada bukti, proses tetap berlanjut.
 
Kemudian papar Kapolda, garis polisi sebagai upaya untuk membatasi wilayah yang terbakar. Sehingga lahan itu tidak bisa diakses dan tidak rusak oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab, yang bisa menghilangkan barang bukti.
 
Apabila ditemukan adanya alat bukti sebut Kapolda, penyidik tentu akan membutuhkan waktu menguatkan berkas penyelidikan. Misalnya dengan mendatangkan saksi ahli lingkungan.
 
Namun Kapolda tidak merincikan lahan mana saja yang telah diberi garis polisi tersebut. Termasuk jumlah lahan yang belum diberi police line. 
Editor: Muhammad Adhhari

  Berita Terkait
  • Bupati Bengkalis Ikuti Rakornas Karhutla di Istana Presiden Jakarta

    4 tahun lalu

    BENGKALIS(POROSRIAU.COM) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama kepala daerah yang selama ini rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Senin (23/1/2017) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Karhutla di Istana Presiden, Jakarta.

  • Gubri: Mari Kita Tingkatkan Sinergisitas Dalam Menanggulangi Karhutla

    3 tahun lalu

    Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, seluruh pemangku kepentingan terkait, baik itu jajaran TNI, pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Bengkalis, satu sama lain harus bersinergi untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan l

  • Polsek Tapung Tangkap Pembakar Lahan Di Km 11 Garuda Sakti

    3 tahun lalu

    Peristiwa ini berawal pada Selasa siang (1/8) sekira pukul 14.40 wib, saat didapat informasi dari masyarakat bahwa ada kebakaran lahan di Km 11 Jalan Garuda Sakti, tepatnya di Rt. 05 Rw. 06 Dusun III Kandis Baru Desa Karya Indah Kec. Tapung.

  • Wakil Bupati Meranti dan Kapolres Hadiri Rakornas Karhutla Tahun 2018 di Istana Negara

    3 tahun lalu

    JAKARTA(POROSRIAU.COM) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim di dampingi Kapolres Meranti AKBP La Ode Proyek SH dan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Meranti Edy Afrizal SH MH

  • Kebakaran Di Jalan Pangkalan Sena, Habiskan 7 Rumah Dan Tidak Ada Korban Jiwa

    tahun lalu

    DUMAI (POROSRIAU.COM) – Kebakaran melanda permukiman padat penduduk dijalan Pangkalan Sena RT 03, Kelurahan STDI, Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai. Kejadian terjadi sekitar pukul 23.30 Wib,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.