Kamis, 02 Desember 2021
  • Home
  • PEKANBARU
  • Sudah 110 Anak yang Terdata Kehilangan Orangtua Karena Covid
Selasa, 21 September 2021 14:19:00

Sudah 110 Anak yang Terdata Kehilangan Orangtua Karena Covid

Selasa, 21 September 2021 14:19:00
BAGIKAN:
Pekanbaru.go.id
Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Zulnawirawan
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, hingga kini telah menerima data sebanyak 110 anak yang kehilangan orangtua karena terpapar Covid-19.
 
Kepala Dinsos Pekanbaru Mahyuddin melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Zulnawirawan menyebutkan, 110 anak yang kehilangan orangtua itu merupakan hasil pendataan yang dilakukan pihak kelurahan.
 
Pada pendataan tahap awal, kata dia, tercatat sebanyak 63 anak yang dilaporkan kehilangan orangtua akibat terpapar covid.
 
"Kemudian pendataan tahap dua, sudah ada 47 anak yang dilaporkan ke kita. Pendataan tahap dua ini sebenarnya sampai tanggal 18 kemarin, tapi kita perpanjang sampai hari ini. Jadi hari ini terakhir," ungkapnya, Senin (20/9).
 
Nantinya, lanjut Zulnawirawan, data tahap kedua dari kelurahan itu akan direkap terlebih dahulu untuk diajukan ke Dinsos Provinsi Riau dan diteruskan ke Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Mereka nantinya akan diberi bantuan oleh Pemerintah Pusat.
 
"Jadi untuk anak yang kehilangan orangtua karena covid, tahap pertama kami telah kirim 63 orang. Sementara untuk tahap kedua 47 orang. Mungkin masih ada penambahan untuk tahap dua, karena masih kita tunggu sampai hari ini," tutupnya.
 
Pendataan terhadap anak yang kehilangan orangtuanya akibat terpapar Covid-19 ini sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 440/Dinsos/Lamjinsos.1/1216.a/2021 tertanggal 18 Agustus 2021 yang ditandatangani langsung oleh Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T., M.Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial ZulnawirawanT.
 
Ada tiga poin pada SE yang merupakan tindaklanjut Surat Menteri Sosial Nomor S236/MS/C/HK.01/8/2021 tanggal 9 Agustus 2021 perihal data anak yang otangtuanya meninggal dunia akibat Covid-19.
 
Pertama, diminta kepada lurah se-Kota Pekanbaru agar melakukan pendataan anak yatim, anak piatu dan/anak yatim piatu yang orangtuanya meninggal karena Covid-19 dengan ketentuan umur anak kurang dari 18 tahun saat pendataan dilakukan.
 
Kedua, data dimaksud dikirim ke Walikota Pekanbaru melalui Dinas Sosial dalam bentuk hard copy dan soft copy paling lambatnya tanggal 18 September 2021.
 
Ketiga, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Zulnawirawan di nomor telepon 085264649193. (pgi)
  Berita Terkait
  • Covid Terus Menjepit, Di Mana Kelas Atas Kita?

    2 tahun lalu

    Di saat semua orang harus waspada agar tidak terpapar dan terkapar virus asal Wuhan, China itu, di situ pula banyak orang yang terancam kelangsungan hidupnya, gara-gara kehilangan pekerjaan.

  • Jika Langgar Aturan, Wabup Tak Segan Copot Jabatan Pegawai

    5 tahun lalu

    MERANTI (PR) - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim serius melihat dan mengamati prilaku pegawai dilingkungan Pemkab. Meranti, dirinya tak ingin kerusuhan di Meranti yang terjadi baru-baru ini terulang, dan ditakutkan kerusuhan justru t

  • Sudah Jatuh Tertimpa Tangga Pula!!

    5 tahun lalu

    Pihak Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti, menyalurkan sejumlah bantuan kepada Juliza, siswi kelas XI yang terkena musibah kebakaran rumah, Selasa (2/8/2016).

  • Saatnya Pekanbaru Jadi Kota Layak Anak, Wendi: Harusnya Iklan Rokok Diharamkan

    3 tahun lalu

    Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri komit Kota Pekanbaru sudah saatnya menjadi kota layak anak. Selain itu Pemerintah setempat juga harus menyatakan serius ingin menjadikan kotanya benar-benar layak anak. Akan tetapi hal tersebut ber

  • Lama Terpisah, Ely Sugigi ingin Diakui sebagai Ibu Kandung

    3 tahun lalu

    Ely Sugigi membuat pernyataan mengejutkan tentang anak-anaknya. Ia mengaku memiliki tiga orang anak dari pernikahan dengan suami pertamanya, Arifin. Sebelumnya, dalam akun Instagram miliknya, ia hanya membagikan foto bersama dua orang anaknya, Yoga dan Ul

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.