Senin, 20 Mei 2019
  • Home
  • ROHUL
  • PTSL Sertifikasi 5000 Bidang Tanah Secara Gratis
Rabu, 08 Maret 2017 11:29:00

PTSL Sertifikasi 5000 Bidang Tanah Secara Gratis

Oleh: Toni
Rabu, 08 Maret 2017 11:29:00
BAGIKAN:
Toni
Kasi Survey pengukuran dan pemetaan BPN Rohul, Martin

ROHUL(POROSRIAU.COM)--Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) mulai dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2017 ini dengan terget awal 5000 bidang tanah.

Plt Kepala BPN Rohul, Nasrul melalui Kasi Survey, pengukuran dan pemetaan, Martin mengatakan, PTSL merupakan program yang dilakukan untuk mengurangi sengketa di bidang pertanahan karena bidang tanah menjadi jelas dan pasti, baik data fisik maupun data yuridisnya.

“Ini juga untuk mewujudkan tertib administrasi pertanahan sebagaimana program catur tertib pertanahan, yaitu tertib hukum, tertib administrasi, tertib penggunaan, serta tertib pemeliharaan dan lingkungan hidup," ungkapnya, Selasa (7/3/2017) di Pasir Pengaraian.

Martin berharap program ini bisa berjalan sukses agar masyarakat di Rohul bisa memiliki bukti kepemilikan resmi atas tanahnya, sehingga bisa bermanfaat dalam banyak hal.

Untuk tahap awal, kata Martin, program ini baru dilakukan di Dua desa di kecamatan Rambah, yakni desa Rambah Tengah Utara dan Babussalam dengan target pertama 5000 bidang tanah yang akan disertifikasi.

“Hingga saat ini sudah ada 173 bidang tanah yang diukur oleh petugas BPN Rohul, dengan data yuridus 78 bidang. Kita optimis target 5000 bidang PTSL tahun 2017 ini bisa tercapai,” terang Martin dan berharap kepada masyarakat dapat memanfaatkan Program PTSL ini, karena program ini tanpa dipungut biaya alias gratis.

Dilain tempat, kepala Desa Rambah Tengah Utara (RTU) Yasmin, menyambut baik program PTSL BPN yang dilaksanakan di wilayahnya. Dia mengaku bahwa warganya sangat antusias dalam mengikuti program PTSL.

“Antusias masyarakat cukup tinggi dalam menyambut program PTSL BPN ini, kita juga dari pemerintahan desa sudah mensosialisasikan program PTSL ini kemasyarakat, dengan cara memberikan selembaran kesetiap rumah warga di RTU,” katanya.

Yasmin mengajak kepada masyarakat desa Rambah Tengah Utara untuk dapat mendukung dan memanfaatkan program PTSL BPN ini, sebab nanti akan jelas tantang status kepemilihan lahan warga, sehingga tak terjadi lagi konflik sengketa lahan ditengah-tengah masyarakat.

“Program PTSL BPN ini tak memaksa masyarakat untuk mengurus sertifikat tanah, namun semua masyarakat nanti akan didata dan diukur oleh petugas BPN dilapangan. Yang mau ikut bagus, dan yang tak mau juga tak apa-apa,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga RTU, Hamdan yang memanfaatkan program PTSL BPN ini mengaku senang karena bisa mengurus surat tanahnya yang semula berstatus SKGR menjadi sertifikat.

“Alhamdulilah, semua pengurusan gratis, namun hanya dibebankan pembelian materai dan photo copy KK dan KTP saja,” ungkapnya.
(ton)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Melalui Program PTSL BPN Tahun 2018, Ratusan Masyarakat Kecamatan Rangsang Peroleh Sertifikat Tanah Gratis.

    4 bulan lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) -  Pemkab. Meranti diwakili Asisten I Sekdakab. Syamsuddin SH MH, dan Kepala BPN Meranti Budi Satria M.Si  menyerahkan 337 Persil sertifikat tanah program PTSL BPN

  • Disosnakertrans Dapat Jatah Sertifikasi Lahan

    3 tahun lalu

    Untuk tahun 2016 ini, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Rokan Hulu (Rohul) mendapat jatah sertifikasi lahan ekstrans 1.610 persil, melalui program Kementrian Transmigrasi RI.

  • Hadapi MEA, Indonesia Butuh Jutaan Tenaga Kerja Terampil

    2 tahun lalu

    Pemerintah tengah menggodok sejumlah rencana penyiapan tenaga kerja di sektor prioritas sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masalah ketenagakerjaan bisa terealisasi secepatnya.

  • Kakan BPN Bengkalis Sosialisasikan PTSL Tahun 2017

    2 tahun lalu

    Untuk percepatan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah rakyat, secara pasti, sederhana, cepat, aman, adil, merata dan terbuka secara akuntable. Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bengkalis melaksanakan sosialisasi Pendafta

  • Bupati Minta Pungutan PSDH Komoditi Sagu Ditinjau Ulang

    3 tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H Irwan MSi menghadiri acara Diskusi Terfokus Restorasi Gambut, dalam diskusi yang dihadiri oleh Dr Haris Gunawan Deputy IV Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Restorasi Gambut (BRG) RI dan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.