Minggu, 31 Mei 2020
  • Home
  • DUMAI
  • Banyak Terindikasi Covid-19 di Dumai, Tenaga Medis Diminta Mengikuti Protokol Yang Benar Saat Menangani Pasien
Kamis, 09 April 2020 09:59:00

Banyak Terindikasi Covid-19 di Dumai, Tenaga Medis Diminta Mengikuti Protokol Yang Benar Saat Menangani Pasien

Oleh: Diskominfo
Kamis, 09 April 2020 09:59:00
BAGIKAN:
Walikota Dumai, Di dampingi gugus tugas penanganan Covi-19 Kota Dumai.

DUMAI, POROS RIAU.COM - Gugus tugas percepatan penanganan covid-19 di Kota Dumai mengkonfirmasi bahwa jumlah pasien yang terindikasi terpapar virus corona (Covid-19) di Dumai berdasarkan hasil rapid test sudah mencapai 10 orang.

Mirisnya, jumlah tersebut justru di dominasi oleh petugas medis khususnya yang bekerja di Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas).


Demikian diungkapkan, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, dr Syaiful kepada globalriau.com Rabu (08/04/2020).

Diungkapkan Syaiful, kondisi ini tentu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dimana tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas maupun di tempat praktek umum rentan terinfeksi.

"Sudah 10 orang terindikasi dari hasil rapid test, rinciannya saya belum pasti karena belum ada laporan, memang ada diantaranya beberapa tenaga kesehatan." ucapnya.

Menurutnya, tenaga kesehatan di tempat praktik maupun Puskesmas sangat rentan terpapar karena mereka berhadapan langsung dengan masyarakat yang belum jelas apakah sudah terinveksi atau masih mengalami gejala. covid-19.

"Ibaratnya kalau di RSUD itu musuhnya sudah jelas. Tetapi yang di Puskesmas lawannya belum jelas siapa. Begitulah perumpamaan pasien yang di RSUD dan di Puskesmas." sebutnya.

Oleh karenanya pemerintah, tambah Syaiful menekankan agar petugas kesehatan benar-benar mengikuti protokol yang sudah ditetapkan dalam menangani pasien ditengah kondisi seperti sekarang.

"Untuk itu mulai hari ini kami himbau kepada seluruh tenaga kesehatan untuk mengikuti protokoler penanganan medis dari pemerintah, seperti menggunakan APD." sebutnya.

Editor: Muhammad adhhari

Sumber: Global Riau.com

  Berita Terkait
  • Virus Corona: Antara 600.000 hingga 700.000 'Berisiko Terpapar', Pemerintah Indonesia Lakukan Rapid Test

    2 bulan lalu

    Tepat tiga pekan setelah Indonesia mengonfirmasi kasus pertama virus yang punya nama resmi Covid-19 tersebut, pemerintah memulai tes massal.

  • Bagaimana Cara Penanganan Pasien COVID-19 Dirumah Dengan Gejala Ringan? Berikut Caranya.

    2 bulan lalu

    Konstitusi WHO menyatakan bahwa tujuan didirikannya WHO "adalah agar semua orang mencapai tingkat kesehatan tertinggi yang paling memungkinkan". Tugas utama WHO yaitu membasmi penyakit, khususnya penyakit menular yang sudah menyebar luas.

  • Satu Pasien Positif Corona Sembuh 90 Persen Secara Fisik

    2 bulan lalu

    "Alhamdulillah, satu pasien yang dinyatakan positif dari hasil swab test secara fisik sudah sembuh 90 persen. Kondisi terakhir dia sudah bisa melakukan aktivitas sendiri dan tidak lagi mengalami gejala yang merujuk pada covid-19."

  • IDI Dumai Bantu Warga Terdampak Covid 19

    satu bulan lalu

    Penyerahan simbolis bantuan sembako tersebut dilakukan di Puskesmas Dumai Kota Jalan Datuk Laksamana, Rabu (21/04/2020).

  • Hj Haslinar Beri Bantuan Ratusan APD untuk Tenaga Kesehatan

    satu bulan lalu

    DUMAI, POROSRIAU.COM - Kebutuhan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis merupakan senjata utama bagi mereka sebagai garda terdepan dalam menghadapi serta menangani pasien COVID-19. Oleh karenany

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.