Sabtu, 30 Mei 2020
  • Home
  • DUMAI
  • Satu Pasien Positif Corona Sembuh 90 Persen Secara Fisik
Kamis, 09 April 2020 13:59:00

Satu Pasien Positif Corona Sembuh 90 Persen Secara Fisik

Kamis, 09 April 2020 13:59:00
BAGIKAN:
DUMAI, POROS RIAU.COM - Gugus tugas percepatan penanggulangan covid-19 (virus corona) Kota Dumai menyampaikan kabar yang menggembirakan, bahwasanya satu pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona dari hasil swab test sudah sembuh secara fisik.
 
"Alhamdulillah, satu pasien yang dinyatakan positif dari hasil swab test secara fisik sudah sembuh 90 persen. Kondisi terakhir dia sudah bisa melakukan aktivitas sendiri dan tidak lagi mengalami gejala yang merujuk pada covid-19." ujar juru bicara gugus tugas penanggulangan covid-19, dr Syaiful, Kamis (09/04/2020).
 
Namun demikian, kata Syaiful, pasien tersebut belum diperbolehkan pulang sebelum dua kali hasil test menunjukkan dia benar-benar sudah negatif.
 
"Jadi masih dilakukan dua kali test swab, jika hasilnya negatif maka pasien sudah bisa dikatakan sembuh total. Meski dari fisik sudah sembuh namun dari dalam kita belum bisa pastikan karena harus dilakukan pemeriksaan mendalam dan rangkaian test." sebutnya.
 
Hingga hari ini, dikonfirmasi sudah 10 pasien yang diterindikasi dari hasil rapid test. Mirisnya, dari jumlah tersebut justru didominasi oleh tenaga kesehatan.
 
Seperti diketahui hasil rapid test belum bisa memastikan bahwa pasien tersebut benar-benar positif terinfeksi virus corona. Sebelum ada hasil dari test lanjutan seperti swab test.
 
Syaiful mengingatkan bahwa virus corona dapat dicegah jika masyarakat dan tenaga kesehatan benar-benar mengikuti protokol dari pemerintah seperti memakai masker, melakukan sosial distancing dan selalu mencuci tangan sebelum beraktivitas maupaun sesudah aktivitas.
 
"Saya himbau agar masyarakat dan tenaga kesehatan tetap mengikuti protokol dari pemerintah dan selalu menjaga kesehatan serta lingkungan," tandasnya.(MA)
 
Editor: Muhammad Adhhari

Sumber: Global Riau.com

  Berita Terkait
  • Virus Corona: Antara 600.000 hingga 700.000 'Berisiko Terpapar', Pemerintah Indonesia Lakukan Rapid Test

    2 bulan lalu

    Tepat tiga pekan setelah Indonesia mengonfirmasi kasus pertama virus yang punya nama resmi Covid-19 tersebut, pemerintah memulai tes massal.

  • Covid Terus Menjepit, Di Mana Kelas Atas Kita?

    4 minggu lalu

    Di saat semua orang harus waspada agar tidak terpapar dan terkapar virus asal Wuhan, China itu, di situ pula banyak orang yang terancam kelangsungan hidupnya, gara-gara kehilangan pekerjaan.

  • Ubah Gaya Hidup untuk Kontrol Tekanan Darah

    3 tahun lalu

    POROSRIAU.COM--Meski tak menimbulkan gejala yang mengganggu, namun hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, hingga gagal ginjal.

  • Dampak Covid-19, Kami Mau Makan Apa?

    2 bulan lalu

    Hingga saat ini pemerintah belum mampu memenuhi kebutuhan seluruh logistik pangan rakyatnya, karena anggaran yang diperlukan akan hal ini sangat besar bahkan untuk bantuan tenaga medis saja banyak datang dari komunitas, organisasi, dan swasta lainnya. Hal

  • Nonton TV Lebih Dari 4 Jam Sehari Berisiko Kena Kanker Usus Besar

    2 tahun lalu

    Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tingkat aktivitas fisik yang tinggi dapat menurunkan risiko kanker usus.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.