Selasa, 27 Oktober 2020
  • Home
  • DUMAI
  • Dinas Koperasi dan UMKM dan Pemcam Dumai Selatan Sambangi Annaba Home Soap
Kamis, 08 Oktober 2020 17:53:00

Dinas Koperasi dan UMKM dan Pemcam Dumai Selatan Sambangi Annaba Home Soap

Kamis, 08 Oktober 2020 17:53:00
BAGIKAN:
DUMAI, POROSRIAU.COM - Pemerintah saat ini tengah gencar mendukung keberadaaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), pasalnya UMKM merupakan salah satu sarana untuk mengurangi masyarakat kecil dari kemiskinan. Karena, selain dapat menyerap tenaga kerja juga merupakan sebagai pemain penting dalam pengembangan perekonomian lokal dan pemberdayaan masyarakat.
 
Sebagai salah satu upaya pemberdayaan UMKM di Kota Dumai, Kamis (8/10/2020), Dinas Koperasi dan UMKM Kota Dumai melakukan kunjungan ke usaha rumahan Annaba Home Soap yang berlokasi di Jalan Gunung Merapi No. 007 Bumi Ayu Dumai. Kunjungan tersebut dipimpin oleh Yudi Novyandri SE, Dedi Andria Kasih SKom dan Shobiulizzah SE, ketiganya merupakan Penyuluh dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Dumai. Selain itu, turut mendampiingi Rosmawita SKom, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Dumai Selatan.
 
 
Dalam kunjungan tersebut, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Dumai dan Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Dumai Selatan, sempat memperhatikan sistem produksi Annaba. Koordinator Amhad Fauzi beserta beberapa karyawan yang mendampingi, mempraktekkan secara rinci sistem produksi, mulai dari memperlihatkan bahan baku utama  yang diperlukan untuk membuat berbagai jenis sabun cuci, cara pengolahan bahan-bahan tersebut, hingga sistem pengepakan terakhir yang dikemas dalam bentuk botol maupun kemasan plastik, sehingga produk-produk tersebut siap dipasarkan.
 
Setelah melihat dan memperhatikan dengan cermat dari Annaba Home Soap, Yudi Novyandri SE, selaku pimpinan dari Penyuluh dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Dumai, mengaku sangat mendukung kehadiran Annaba dan siap untuk membantu menerbitkan izin operasi, baik itu untuk perizinan di Kota Dumai maupun di tingkat Provinsi. 
 
"Kami sangat mendukung keberlanjutan dari produksi rumahan, ini merupakan salah satu UMKM yang harus kita kembangkan, disamping memberdayakan ekonomi lokal, juga mendorong produksi-produksi rumahan yang ada di Dumai untuk maju dan berkembang," tuturnya.
 
 
Sementara itu, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Dumai Selatan, Rosmawita SKom, juga berharap agar kehadiran dari Annaba dapat membantu meringankan perekonomian masayarakat serta dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga tempatan,
 
 "Kunjungan kami disini selain dari dalam rangka silaturrahmi, juga ingin memastikan keberadaan UMKM yang ada di Kecamatan Dumai Selatan, melihat cara produksi mereka, juga mendata jumlah UMKM yang ada disini. Saya sangat mendukung hadirnya Annaba, terutama inovas-inovasi yang mereka bawa," tuturnya.
 
Dukungan juga mengalir dari Camat Dumai Selatan Yuda Pratama Putra, meskipun tak hadir dalam kunjungan, namun beliau memastikan akan ikut mensupport keberlanjutan dari usaha rumahan seperti ini. 
 
"Saya siap membantu mempromosikan produk-produk ini melalui ibu-ibu PKK yang ada di Dumai Selatan, dan menganjurkan masyarakat agar selalu menggunakan produk-produk lokal agar UMKM yang ada di kota ini mampu menjadi salah satu sarana dalam mendongkrak perekonomian di tengah pandemi," ujarnya.
 
Annaba Home Soap sendiri merupakan usaha rumahan yang diprakarsai oleh salah satu tokoh masyarakat Kota Dumai Syafrizal, usaha ini memproduksi berbagai kebutuhan harian rumah tangga, saat ini meskipun baru berdiri, Annaba Home Soap telah memproduksi tiga jenis sabun,yaitu sabun pencuci piring, pencuci pakaian, dan cairan pewangi pakaian. (er/red)
  Berita Terkait
  • Didampingi Tabrani, Vera Sambangi Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi

    3 bulan lalu

    Vera yang menggunakan baju hijau kombinasi pink dan celana hitam itu datang didampingi Anggota Pokja Lelang, Tabrani. Setelah sempat duduk di pelataran luar, mereka berdua terlihat menjalani pemeriksaan sebelum memasuki lobi utama Kantor KPK.

  • FORGAN Gelar Diskusi Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi dan Kehidupan Sosial

    3 bulan lalu

    Acara seremonial tersebut berlangsung tertib dan tetap melaksanakan protap protokol kesehatan yang dianjurkan

  • Jemput Bola Kejar Dana APBN, Wakil Bupati Dan Ketua DPRD Meranti Beserta Kepala Desa Sambangi Beberapa Kementrian

    3 tahun lalu

    Kondisi APBD Kepulauan Meranti yang terus menurun kini berkisar diangka 1.1 Triliun rupiah dinilai tak cukup untuk menggesa pembangunan Kabupaten dalam rangka mengejar ketertinggalan, apalagi sebagai Kabupaten baru yang masih seumur jagung.

  • Karang Taruna Bumi Ayu Ajak Anggota Dewan dan Kadis PU "Bersahabat"

    4 tahun lalu

    Dumai(POROSRIAU.com) – Menyikapi kinerja Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Dumai yang nyaris tidak tampak untuk kepentingan masyarakat bawah, sudah banyak masyarakat yang mengeluh dan gerah.

  • Hamdan Kamal Lantik 28 Pejabat Eselon III dan IV Dilingkungan Pemko Dumai

    tahun lalu

    DUMAI (POROSRIAU.COM)  - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai Drs H Hamdan Kamal mengambil sumpah dan melantik 28 pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota Dum

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.