Senin, 14 Juni 2021
  • Home
  • DUMAI
  • Pertamina RU II Dumai Resmikan Rumah Produksi Kelompok Mitra Persada Tanjung Palas
Jumat, 19 Februari 2021 21:21:00

Pertamina RU II Dumai Resmikan Rumah Produksi Kelompok Mitra Persada Tanjung Palas

Jumat, 19 Februari 2021 21:21:00
BAGIKAN:
Dumai, POROSRIAU. COM – Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai turut serta mendorong kemandirian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kelurahan Tanjung Palas melalui program Corporate Social Responsiility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan diresmikannya rumah produksi Kelompok Mitra Persada pada Rabu (17/2) guna merespon potensi bidang wirausaha yang dimiliki oleh masyarakat sekitar kilang RU II Dumai, yaitu di Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Provinsi Riau.
 
Turut hadir dalam acara tersebut Communication, Relations & CSR Pertamina RU II, Bambang Imawan, Camat Dumai Timur, Zulfahren, Lurah Tanjung Palas, Aga Muhaimin, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanjung Palas, Refaei Hasbi, serta Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PKKB) Dumai, Ningsih. 
 
Dalam sambutannya, Zulfahren mengapresiasi bantuan yang diberikan Pertamina RU II sebagai bentuk support dan dukungan kepada UMKM masyarakat Kelurahan Tanjung Palas.
 
“Rumah produksi dapat dimanfaatkan sebagai sarana penunjang anggota Kelompok Mitra Persada dalam memproduksi usaha pangan, tenun, dan kerajinan hasil jahit. Harapannya kedepan, Kelompok Mitra Persada dapat menjadi percontohan dan sentra produksi," ujar Zulfahren. 
 
Sumarsih selaku Ketua Kelompok Mitra Persada mengungkapkan bahwa sebelum adanya program ini, pelaku UMKM di Kelurahan Tanjung Palas khususnya ibu rumah tangga memiliki berbagai kendala seperti minimnya peralatan produksi, rendahnya daya inovasi produk, dan rendahnya skill untuk mengembangkan jenis usaha lain. Kami berharap anggota terus bergerak meningkatkan produktivitas usahanya sehingga sampai ke tahap mandiri.
 
"Terima kasih kepada Pertamina RU II Dumai yang selalu mendukung kegiatan Kelompok Mitra Persada hingga tahun ketiga ini. Kami merasakan manfaat yang begitu signifikan sejak kehadiran program pemberdayaan CSR Pertamina RU II Dumai di kelompok kami," ujar Sumarsih. 
 
Unit Manager Communication, Relations & CSR RU II, Brasto Galih Nugroho, menambahkan bahwa dengan adanya rumah produksi yang dilengkapi perlengkapan yang memadai ini diharapkan dapat menambah semangat wirausaha masyarakat Kelurahan Tanjung Palas serta bisa menjadi motivasi bagi kelurahan lainnya. 
 
“Program CSR ini telah dijalankan Kelompok Mitra Persada sejak tahun 2019 hingga saat ini. Selain bantuan infrastruktur berupa sarana dan prasarana usaha anggota kelompok, dalam program ini juga terdapat berbagai kegiatan seperti pelatihan peningkatan kapasitas dan pemberdayaan,” ungkap Brasto.
 
Brasto menyebutkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar mitra binaan memiliki keterampilan dan kemandirian ekonomi yang berkelanjutan sehingga dalam menunjang perekonomian rumah tangga.
 
“Tidak hanya berhenti sampai kegiatan ini, Kelompok Mitra Persada dibawah pendampingan CSR RU II Dumai juga akan melakukan pelatihan peningkatan kapasitas lainnya yang rencananya akan bermuara pada berdirinya koperasi swadaya masyarakat bagi Kelompok Mitra Persada sekaligus kelompok binaan CSR RU II lainnya,” tutup Brasto.(rls)
  Berita Terkait
  • Istiqomah Pejuang Muda Adalah Motto Rezi Andika Putra

    2 tahun lalu

    DUMAI (POROSRIAU) -  Persepsi konvensional bahwa di Parlemen hanya dimiliki sebagian kalangan tua. Anggapan yang keliru tersebut harus dibantah, bahwa dibutuhkan generasi muda yang berbakat da

  • Ku Tak Ingin Sandang Status Janda kedua kalinya

    5 tahun lalu

    DUMAI(POROSRIAU.com) – Er  seorang perempuan kelahiran Medan 28 tahun lalu tinggal di jalan Seputaran Jalan Sultan Syarif Kasim Kota Dumai, pernah menyandang status janda, namun setahun

  • Pertamina RU II Sungai Pakning Bersama Pemkab, Manfaatkan Lahan Untuk Budidaya Nenas

    4 tahun lalu

    BENGKALIS (POROSRIAU.COM)- Dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pertamina RU II Sungai Pakning memilki komitmen manfaatkan lahan masyarakat untuk budidaya tanaman nenas sebaga

  • M. Hasbi : Duga Ada Intervensi Besar Kepada KPUD Dumai, Tidak Dilaksanakannya PSU Dumai Kota Dan Beberapa PSL Dikelurahan

    2 tahun lalu

    DUMAI (POROSRIAU.COM) - Ketua DPP Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Nasional, Ir Muhammad Hasbi menduga ada intervensi besar kepada KPU oleh kelompok tertentu agar tidak melaksanakan pemungutan suara u

  • Indonesia dan Arab Saudi, Siapa Membutuhkan Siapa?

    4 tahun lalu

    POROSRIAU.COM--Pertumbuhan ekonomi Arab Saudi terus melambat dalam dua tahun terakhir. Setelah mencatat pertumbuhan fenomenal sebesar 10 persen pada 2011, perekonomian negara teluk itu kemudian turun pada 2012, dengan pertumbuhan 5,4 persen dan turun lagi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.