Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • NASIONAL
  • Kapolri Bakal Terima Gelar Kehormatan Adat Minangkabau
Sabtu, 01 April 2017 06:39:00

Kapolri Bakal Terima Gelar Kehormatan Adat Minangkabau

Oleh: Redaksi
Sabtu, 01 April 2017 06:39:00
BAGIKAN:
Int
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian

POROSRIAU.COM--Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian akan menerima gelar kehormatan adat Minangkabau dari Suku Sikumbang Kamang Mudiak, ketika melakukan peresmian peningkatan status Polda Sumbar dari tipe B ke tipe A, Senin (3/4).

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Datuak Sayuti di Padang, Jumat mengatakan Tito Karnavian akan diberikan gelar kehormatan "Sang Sako Adat" sebagai bentuk penghormatan terhadap kinerjanya sebagai Kapolri.

Ia mengatakan pemberian gelar tersebut telah dikaji melalui rapat yang dilakukan oleh Kaum Sikumbang Kamang Mudiak pada Sabtu (26/3). 

Hasil musyawarah itu, mereka bersama LKAAM Agam sepakat untuk memberikan gelar kehormatan tersebut kepada Kapolri Tito Karnavian.

"Namun dalam pemberian gelar kehormatan secara resmi nanti langsung diberikan oleh LKAAM Sumbar," ujarnya.

Kemudian ia menjelaskan kaum itu menilai Kapolri sebagai orang yang arif dalam bertindak, seperti dalam aksi unjuk rasa 212 di Jakarta.

Kapolri kala itu tidak berpihak pada salah satu golongan dan mampu menciptakan kondisi yang aman dan kondusif

"Kapolri melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat, cara-cara ini mirip dengan pendekatan yang dilakukan oleh orang Minangkabau," katanya.

Selain itu, gelar kehormatan itu juga sebagai bentuk rasa terima kasih masyarakat Minangkabau terhadap peningkatan status Polda Sumbar.

"Kapolri telah mengukir sejarah di Sumbar karena memberikan kenaikan status ini," katanya.

Ia mengatakan dengan diberikan gelar ini, Kapolri akan bersaudara dengan seluruh Kaum Sikumbang Kamang Mudiak baik yang berdomisili di Sumatera Barat maupun di rantau.

"Pemberian gelar ini telah sesuai dengan tata cara yang berlaku dalam adat, dimana harus ada suku yang memberikan gelar kehormatan tersebut," ujarnya.

Pemberian gelar kehormatan "Sang Sako Adat" ini sebelumnya telah pernah diberikan kepada mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Syamsul Maarif dan mantan Bupati Bengkulu.

"Secara aturan adat pemberian gelar ini sah dilakukan," katanya menegaskan.

Ia mengatakan pemberian gelar ini akan dilakukan di "Labuah Nan Gadang, Jamba Nan Rimbun dan Pasa Nan Rami" dalam sebuah Balairung rumah adat.

"Lapangan Mapolda Sumbar itu nantinya akan didesain seperti balairung Rumah Gadang Minangkabau," katanya.

Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi mengatakan pemberian gelar adat itu akan diberikan oleh LKAAM Sumbar setelah dilakukan peresmian kenaikan tipe.

Selain meresmikan kenaikan tipe dan menerima gelar adat, Kapolri juga akan memberikan kuliah umum di Universitas Andalas.

"Kapolri akan berada selama dua hari di Kota Padang untuk menjalankan kunjungan kerjanya kemudian langsung bertolak ke Jakarta," katanya.(*/Ant)
 

 

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Bupati Siak Syamsuar Menerima Gelar Kanjeng Raden Tumenggung

    4 bulan lalu

    SOLO(POROSRIAU.COM)- Bupati Siak, Syamsuar, Jumat (21/4) malam, menerima gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, pada peringatan Tinggalandem Jumenengan SISKS Pakoe Boewono XIII

  • Bupati Bersama Warga Sungai Tohor Gelar Sukuran

    tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Seiring di cabutnya izin pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT. Lestari Unggul Makmur (LUM) seluas 10.390 Ha, oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI diwilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur (3 T), Bupati Meranti H. Ir

  • Dinilai Berprestasi, Lima Personil Polres Kampar Terima Penghargaan

    6 bulan lalu

    Polres Kampar gelar Upacara Pemberian Reward (Penghargaan) kepada lima orang Personil Polres yang dinilai berprestasi dalam menjalankan tugas-tugas Kepolisian di halaman Markas Komando Polres Kampar, Senin (10/04/2017).

  • AJI Dan ICCO Cooperation Gelar Media Briefing Sehari

    3 bulan lalu

    Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pekanbaru bekerjasama dengan ICCO Cooperation akan menggelar Media Briefing Sehari pada Kamis, 3 Agustus.

  • Pekan Pertama La Liga: Barca vs Betis, Madrid Sambangi Sociedad

    tahun lalu

    El Clasico pertama musim 2016/2017 baru akan dihelat Desember. Sementara di pekan perdana Barcelona akan menjamu Real Betis dan Real Madrid bertamu ke Real Sociedad.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.