Sabtu, 19 Agustus 2017
  • Home
  • OLAHRAGA
  • Gelar Pertemuan Tertutup, Freeport Bikin Sri Mulyani Dan Jonan Bungkam
Jumat, 11 Agustus 2017 12:50:00

Gelar Pertemuan Tertutup, Freeport Bikin Sri Mulyani Dan Jonan Bungkam

Oleh: Redaksi
Jumat, 11 Agustus 2017 12:50:00
BAGIKAN:
int
Tambang Freeport Indonesia

JAKARTA(POROSRIAU.COM)--Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengadakan pertemuan tertutup dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan membahas kelanjutan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia dengan perubahan kontrak menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

Rapat juga dihadiri Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil. Seusai pertemuan tertutup tersebut, Sri Mulyani keluar gedung Kementerian ESDM sekitar pukul 17.00.

Tak sedikit pun pernyataan ia ucapkan kepada wartawan yang selama dua jam menantinya di ruang rapat Heritage Kementerian ESDM. Ia hanya melambaikan tangan dan melemparkan senyuman, kemudian berlalu menuju mobil dinasnya. Sedangkan Jonan tidak keluar dari ruang kerjanya.

Adapun Bambang mengatakan tidak ada hal baru yang dibahas saat diminta komentar soal pertemuan itu. “Tidak ada yang perlu disampaikan karena tidak ada yang baru. Ya, empat
isu saja seperti biasa,” ucapnya

Untuk keterangan lebih lanjut, kata Bambang, bisa langsung ditanyakan kepada kedua menteri. “Satu suara ke menteri, yang ngobrol Pak Menteri dan Bu Menteri, kami hanya mendengarkan. Dia dong yang berhak ngomong,” katanya.

Sebelumnya, saat berkunjung ke kantor Tempo, Sri Mulyani mengatakan renegosiasi Freeport Indonesia dengan pemerintah harus menghasilkan penerimaan negara yang lebih besar. Amanat renegosiasi itu tertuang dalam Pasal 169 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batu Bara.

"Segala macam term, pakai nama yang tidak karuan, saya tidak peduli. Pokoknya, yang masuk ke kantong negara harus lebih banyak dari kemarin. Itu posisi pemerintah. Dan ini sedang diformulasikan," tuturnya.

Renegosiasi pemerintah dengan Freeport Indonesia dilakukan sejak Mei lalu. Saat itu, tim perundingan, yang dipimpin Kementerian ESDM, menyepakati empat poin, yakni kelanjutan operasi setelah kontrak karya (KK) berakhir, kewajiban pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter), kewajiban pelepasan saham, serta stabilitas investasi jangka panjang. Freeport juga harus bersedia beralih wadah operasi dari kontrak menjadi IUPK.

Jonan sebelumnya pernah mengatakan perundingan sudah menyepakati nasib kelanjutan operasi dan kewajiban pembangunan smelter. Pembahasan dua isu sisanya akan dilakukan bersama Menteri Keuangan.(Tempo.co)

Editor: Chaviz

Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Tanggapi Meranti Berdarah, Komnas HAM Berkunjung ke Selatpanjang

    12 bulan lalu

    MERANTI (POROSRIAU.com) - Komisioner Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai datang ke Selatpanjang sebagai bukti tanggapan serius mereka terhadap kasus Meranti Berdarah tanggal 25 Agustus 2016 lalu. Tiba di Kota Sagu itu, Natalius langsung mengunju

  • Tak Terima Diberhentikan, Sejumlah Aparatur Kepenghuluan Rohil Sambangi DPRD

    9 bulan lalu

    Rokan Hilir (porosriau.com) - Sejumlah aparatur kepenghuluan Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau mengadu ke DPRD setempat terkait pemberhentian secara sepihak oleh penghulu yang baru terpilih.

  • Kodim 0303/Bengkalis Gelar Coffee Morning Dengan Insan Pers

    satu minggu lalu

    Dalam sambutannya membuka acara Coffe Morning yang dimulai pukul 08.00 Wib ini, Dandim 0303/Bengkalis Kolonel Inf Rizal Faizal Helmi, S. Sos meminta kerjasama yang selama ini terjalin dengan awak media terus ditingkatkan.

  • Pekan Pertama La Liga: Barca vs Betis, Madrid Sambangi Sociedad

    tahun lalu

    El Clasico pertama musim 2016/2017 baru akan dihelat Desember. Sementara di pekan perdana Barcelona akan menjamu Real Betis dan Real Madrid bertamu ke Real Sociedad.

  • Jokowi Susun Puzzle Pemerintahan Baru

    tahun lalu

    Pagi ini rabu (27/07/16) beredar informasi mengenai Reshuffle Kabinet kerjanya Pemerintahan Presiden Joko WIdodo, infomasi ini didapat Pimred porosriau.com melalui akun BBM nya.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.