Kamis, 18 April 2019
  • Home
  • PEKANBARU
  • Walikota Firdaus Anggap Dishub tidak Maksimal Kelola TMP
Senin, 24 Desember 2018 10:28:00

Walikota Firdaus Anggap Dishub tidak Maksimal Kelola TMP

Oleh: Redaksi
Senin, 24 Desember 2018 10:28:00
BAGIKAN:
bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).(Foto:Int)

PEKANBARU(POROSRIAU.COM)--Sebelum dikelola Dinas Perhubungan (Dishub), bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) pernah dikelola oleh Perusahaan Daerah Pembangunan yang kini menjadi PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (PT SPP). 

Belakangan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali ingin menyerahkan sistim angkutan umum massal (Saum) itu ke perusahaan daerah. Proses administrasinya sudah berjalan dan akan dijalankan perusahaan milik Pemko pada Februari 2019 mendatang. 

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan, bulan Januari nanti atau di masa transisi masih di bawah naungan UPTD Dishub dan didampingi oleh inspektorat. "Masa transisi ini nanti selama satu bulan," kata Walikota, Minggu lalu. 

Di Februari nanti, semua kendaraan bantuan dari kementrian perhubungan itu mulai dikelola oleh perusahaan daerah. Ia beralasan, bus sebanyak itu tidak akan mampu dikelola maksimal oleh UPTD yang hanya dipimpin oleh eselon IV.

"Kendaraan sebanyak itu tidak efektif dikelolah oleh UPTD. UPTD itu hanya eselon IV. Orangnya tidak seberapa, sementara yang mau dioperasikan ini jumlahnya ratusan," kata dia. 

Terlebih ditambah lagi 10 unit. Saat ini jumlahnya sudah 100 unit lebih. Jumlah sebanyak itu, kata dia, mesti dikelolah oleh yang lebih profesional. "Perusahaan daerah yang kita tunjuk mengelola," sebutnya. 

Ia juga menyebut, langkah yang lakukan ini agar pengoperasian  bus TMP dikelola dengan profesional. Meski dikelola oleh UPTD, menurut dia, Dishub akan ikut melakukan pembinaan. 

Ditanya mengapa saat itu Pemko menghentikan pengoperasian TMP dibawah perusahaan daerah dan mengalihkan ke Dishub sampai hari ini, Ia beralasan terlalu membebani anggaran daerah. Ia pun memgklaim saat itu pengoperasian bus TMP cukup baik. 

"Kenapa kita hentikan saat dikelola oleh perusahaan daerah, karena itu bus sewa. Terlalu membebani anggaran, kemudian juga subsidi tiket. Kalau sekarang kita hanya subsidi tiket saja," jelasnya. (tnc)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Walikota Pekanbaru Tegaskan Evaluasi Kinerja Berlaku Seluruh OPD

    tahun lalu

    PEKANBARU (POROSRIAU.COM) - Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT pada media beberapa hari lalu, tepatnya usai membuka kegiatan Seminar Forum RT/RW di hotel Mutiara Merdeka, Senin (4/12), mengungkapkan, pendapatan asli daerah (PAD) Kota Pekanbaru dalam k

  • Walikota Se Sumatera Takjub Dengan Perkembangan Kota Pekanbaru

    tahun lalu

    Dibawah kepemimpinan Walikota Pekanbaru Dr H F Firdaus ST MT - Ayat Cahyadi S.Si, pembangunan Kota Pekanbaru kian pesat. Hal ini diapresiasi oleh Walikota se Sumatera.

  • Hadiah Istimewa DR H Firdaus MT di Perayaan Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke 234

    12 bulan lalu

    PEKANBARU (POROSRIAU.COM) - Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT yang tengah menjalani masa cuti kampanye Pilgub Riau, punya hadiah istimewa bagi warga Kota Pekanbaru. Hadiahnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana akan melaunching perkantoran b

  • Pengamat Politik Nilai Debat Cawako Pekanbaru "Kurang Greget"

    2 tahun lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM)--Pengamat Politik dan Hukum Tata Negara Universitas Riau Mexsasai Indra menyatakan visi-misi kelima kandidat lima pasangan calon atau Paslon Walikota dan Wakil Kota Pekanbaru yang disampaikan pada acara debat kali ini tidak ada ya

  • Banyak Persoalan Tak Terselesaikan, DPRD Tawarkan Solusi Copot Kadishub

    2 tahun lalu

    Banyak persoalan terus berlarut-larut dan tidak terselesaikan, seperti masalah terminal bayangan, parkir yang semrawut, parkir illegal semakin marak, pungutan parkir diluar aturan, masalah transmetro yang tak kunjung mampu melayani masyarakat dengan baik,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.