Minggu, 19 Mei 2019
  • Home
  • NASIONAL
  • Aboe Bakar Al-Habsy : Ada Efek Bola Salju, Kerusuhan Dilapas Siak Harus Dilakukan Audit Internal
Rabu, 15 Mei 2019 06:14:00

Aboe Bakar Al-Habsy : Ada Efek Bola Salju, Kerusuhan Dilapas Siak Harus Dilakukan Audit Internal

Rabu, 15 Mei 2019 06:14:00
BAGIKAN:
Aboe Bakar Al-Habsy, Anggota Komisi III DPR RI.

Politisi PKS ini menyayangkan insiden yang terjadi di Lapas Siak beberapa waktu lalu yang mengakibatkan lapas terbakar. Menurutnya, seharusnya hal ini bisa dicegah dengan menerapkan sistem yang baik di dalam lapas.

"Yang sampai saat ini kita dengar, kejadian tersebut disebabkan karena adanya penindakan terhadap napi yang kedapatan menggunakan narkoba," ujarnya.Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ini,

Peredaran narkoba dalam lapas harus ditindak dengan tegas, namun tentunya harus dilakukan secara prosedural dan dengan proporsional.

"Saya melihat ini adalah efek bola salju, sepertinya ini bukan kejadian pertama, sehingga kejadian kemarin hanya pemicu saja," terangnya.

Pria yang akrab disapa Habib ini memaparkan, setidaknya ada empat langkah yang harus segera dilakukan oleh Kemenkumham. Pertama, kata dia, perlu segera dilakukan distribusi para napi dari lapas siak untuk ditempatkan sementara pada lapas atau rutan terdekat.

Kedua, segera dilakukan perbaikan lapas siak agar dapat digunakan sebagaimana sediakala. Ketiga, sambung dia, perlu dilakukan audit internal terkait penerapan SOP dalam tata kelola lapas.

"Dan terakhir, berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk penanganan tidak pidana yang terjadi sepanjang insiden kemarin, baik yang terkait narkoba, penembakan ataupun perusakan," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kerusuhan terjadi di Rutan Kelas IIB Siak, Sabtu dinihari (01/05) lalu. Kericuhan diduga dipicu pemukulan oleh petugas lapas terhadap seorang tahanan.

Rekan-rekan korban yang tidak terima atas pemukulan itu kemudian membuat kericuhan hingga membakar rutan tersebut.

Editor: Redaksi

Sumber: rmol.co

  Berita Terkait
  • Antisipasi Masuknya Barang Luar dan Kadaluarsa, SKPD Perlu Tingkatkan Pengawasan

    2 tahun lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM),-- Jelang Natal dan tahun baru seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diminta untuk meningkatkan pengawasan terutama terhadap produk-produk makanan dan minuman luar yang masuk dan beredar dan juga barang kadaluarsa di Pek

  • Bupati Meranti Buka Lokakarya dan Sosialisasi PATEN Se-Kecamatan Tebing Tinggi, Ajak RT dan RW Berperan Aktif Dalam Menggesa Pembangunan Daerah

    tahun lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si membuka acara Loka Karya dan Sosialisasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) untuk RT dan RW Se-Kecamatan Te

  • Fraksi DPRD Meranti Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Usulan Pemerintah Daerah

    7 bulan lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - DPRD Kepulauan Meranti melaksanakan rapat paripurna pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) usulan Pemerintah Daerah Kepulauan

  • Edy Rahmayadi Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI

    3 tahun lalu

    Kementerian Pemuda dan Olahraga mengucapkan selamat kepada Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi yang terpilih sebagai Ketua Umum PSSI 2016-2020.

  • Persiapan Pengamanan Pilkada, Polres Kampar Gelar Pelatihan TFG

    2 tahun lalu

    Polres Kampar melaksanakan kegiatan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka Operasi Mantap Praja Siak 2017 Polres Kampar terkait kesiapan pengamanan Plkada Kab. Kampar tahun 2017.pada Sabtu Tanggal 26/11/2016.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.