Minggu, 19 Mei 2019
  • Home
  • NASIONAL
  • Jokowi: Kalau Freeport Sulit Diajak Musyawarah, Saya Akan Bersikap
Jumat, 24 Februari 2017 06:32:00

Jokowi: Kalau Freeport Sulit Diajak Musyawarah, Saya Akan Bersikap

Oleh: Redaksi
Jumat, 24 Februari 2017 06:32:00
BAGIKAN:
int
Presiden RI, Joko Widodo

 POROSRIAU.COM--Presiden Joko Widodo menegaskan tidak gentar terhadap PT Freeport Indonesia. Dia memastikan akan mengambil sikap tegas jika Freeport memang tidak bisa diajak berunding.

"Kalau memang sulit musyawarah dan sulit diajak untuk berunding saya akan bersikap," ujarnya di jakarta, Kamis (23/2).

Saat ini, Presiden Jokowi telah memercayakan perundingan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Presiden berharap negosiasi selama 120 hari ini bisa mencapai solusi yang saling menguntungkan.

"Ini kan masih menteri masih memproses berunding dengan Freeport. Dicarikan solusi yang win-win. Kita ingin itu. Kan ini urusan bisnis jadi oleh sebab itu saya serahkan kepada menteri," tuturnya.

Sebelumnya, PT Freeport Indonesia kembali berulah. Perusahaan yang berafiliasi dengan PT Freeport McMoran yang berbasis di negeri paman sam Amerika Serikat ini seolah menantang pemerintah Indonesia terkait aturan pengubahan Kontrak Karya (KK) ke Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), divestasi saham 51 persen, dan kewajiban pajak yang belum dibayar.

Freeport McMoran telah menyatakan keberatan terkait perubahan status ini secara sepihak. Perusahaan tambang asal Amerika Serikat ini meminta pemerintah mengkaji ulang pengubahan KK menjadi IUPK tersebut. Presiden Direktur Freeport McMoran, Richard C Adkerson jauh-jauh terbang dari Amerika hanya untuk mengatakan bahwa pihaknya akan menempuh jalur arbitrase internasional jika dalam waktu 120 hari perundingan dengan pemerintah terkait pengubahan status tersebut berakhir buntu.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan semakin geram dengan sikap 'batu' Freeport. Berulang kali Jonan menyindir Freeport. Termasuk saat memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Malang, kemarin. Pernyataan yang dilontarkan seolah menggambarkan Jonan tak gentar menghadapi perusahaan tambang emas terbesar di dunia itu. Di mata Jonan, Freeport bukanlah perusahaan dengan kapitalisasi sangat besar.

Editor: Chaviz

Sumber: Merdeka.com

  Berita Terkait
  • Masjid 60 Kurang Aso Wisata Religi Solok Selatan

    2 tahun lalu

    Pada masa lalu, di daerah Solok Selatan terdapat sebuah Kerajaan penting. Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu namanya. Hingga saat ini masih banyak peninggalan-peninggalan bersejarah yang masih terpelihara dengan baik

  • Novel Baswedan Menilai Ada Yang Lakukan Pembangkangan Terhadap Presiden Jokowi

    2 tahun lalu

    Ia mengingatkan agar jangan sampai ada catatan sejarah buruk dimana sebuah perintah Presiden yang tak dilaksanakan dengan baik.

  • Ariadi Tarigan: Terkait Konflik Lahan, Hukum Terkesan Tajam Ke Masyarakat dan Tumpul Ke Perusahaan

    3 tahun lalu

    Maraknya sengketa lahan antara masyarakat dengan perusahaan di kabupaten Siak ‎membuat Ketua Komisi II DPRD Siak angkat bicara. Pasalnya, dari kasus yang ada selama ini, masyarakat kecil harus menanggung akibatnya.

  • Jika Freeport Membandel, Luhut: Kita Tunggu Saja Presiden

    2 tahun lalu

    POROSRIAU.COM--Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengomentari pernyataan Presiden Joko Widodo yang akan mengambil sikap apabila PT Freeport Indonesia membandel. Jokowi menyatakan akan bersikap tegas jika Freeport tak mau bermusyawara

  • Bupati dan Ketua DPRD Meranti Minta Pusat Realisasikan Janji Presiden, Prioritaskan Pembangunan Daerah Perbatasan

    tahun lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si menilai pemerintah pusat belum sepenuhnya serius mewujudkan Nawa Cita Jokowi yang menjanjikan pembangunan dimulai dari daerah pe

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.