Sabtu, 16 Februari 2019
  • Home
  • PELALAWAN
  • Pernah Terjerat Korupsi, Dirut BUMD Tuah Sekata Menjadi Sorotan Aktivis Pelalawan
Sabtu, 22 Desember 2018 11:12:00

Pernah Terjerat Korupsi, Dirut BUMD Tuah Sekata Menjadi Sorotan Aktivis Pelalawan

Sabtu, 22 Desember 2018 11:12:00
BAGIKAN:
BUMD Tuah Sekata Kabupaten Pelalawan
PANGKALAN KERINCI (POROSRIAU.COM)-- Dengan dilantiknya Direktur Utama (Dirut) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tuah Sekata Pelalawan yang baru beberapa waktu lalu mendapat sorotan berbagai macam aktivis pelalawan.
 
Seperti diketahui lebih kurang 4 tahun yang lalu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Mantan Direktur Utama Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sarimadu, HM Syafri, dengan hukuman penjara selama 6 tahun 6 bulan, dalam kasus dugaan korupsi dana BPR Sarimadu, BUMD milik Pemkab Kampar.
 
Dalam berkas tuntutan di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Jaksa Penuntut Umum menjabarkan terdakwa Syafri melanggar pasal 2 ayat 1 junto pasal 18 Undang-Undang RI No.31 tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
 
Dalam putusan tersebut majelis hakim sepakat memberikan vonis kepada HM Syafri selama 1 tahun 6 bulan (1,5 tahun) kurungan penjara dengan denda sebesar Rp 60 juta subsider selama 3 bulan.
 
"Kita menyayangkan terhadap pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan dengan melantik mantan koruptor menjadi Dirut Perusahan Plat Merah yang kita banggakan ini,"ujar salah satu Aktivis Pelalawan, Tauhid Marifatullah kepada porosriau.com. Jumat (21/12/2018) di Sekretariat KAMMI Pelalawan, Jalan Pemda Pangkalan Kerinci.
 
Dikatakan Ketua KAMMI Pelalawan ini, bahwa dengan melantik mantan koruptor telah mencoreng perjuangan melawan Korupsi di Negeri ini. Sebab beberpa waktu lalu dirinya bersama rekan-rekan aktivis telah melakukan aksi damai di depan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan dalam rangka peringatan Hari Antikorupsi.
 
Tauhid menambahkan, dirinya bersama rekan-rekan akan memintah pejelasan pemerintah dan memintah evaluasi kembali Dirut BUMD Tuah Sekata Pelalawan.
 
Hal senada juga disampaikan, Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Ikatan Cendiakiawan Muslim Indonesia Muda (ICMI Muda) Kecamatan Pangkalan Kerinci, Muhammad Shaleh mengatakan, sebaiknya pemda memikirikan dan mempertimbangkan kembali hal ini, sebab jangan sampai terjadi masalah di kemudian hari.
 
Dirinya bersama rekan-rekan mahasiswa mendapatkan informasi yang beredar di beberapa media bahwa Dirut BUMD Tuah Sekata Pelalawan yang baru pernah terjerat kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) saat menjabat sebagai Dirut Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sari Madu Kabupaten Kampar. (Rik)

 

Editor: Erik Suhenra

  Berita Terkait
  • Benarkah Ada Penguasa yg Incar Dahlan Iskan Hingga Jadi Tersangka?

    2 tahun lalu

    Penetapan Dahlan Iskan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pelepasan 33 aset PT Panca Wira Usaha (PWU), berupa tanah dan bangunan milik BUMD Provinsi Jawa Timur, oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, memunculkan isu baru.

  • Pemerintah Diminta Perhatikan PDAM Dumai Yang Sedang 'Sakit'

    2 tahun lalu

    Dumai (PorosRiau.Com) - Pemerintah diminta memperhatikan kondisi PDAM Dumai yang saat ini benar-benar sudah memperihatinkan, karena dinilai memiliki peran yang penting untuk mengalirkan air kemasyarakat.

  • Terkait Pengadaan Mobil Ambulance Senilai Rp897 Juta di RSUD, Ini Tanggapan Kejari Siak

    2 tahun lalu

    Menjawab teka-teki terkait kegiatan Pengadaan 1 unit Mobil Ambulance Emergency senilai Rp897 juta di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Siak tahun 2013, pihak Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) angkat bicara

  • Kejari Dan Wabup Sukiman Buka Kegiatan Sosialisasi TP4D

    tahun lalu

    Dalam sambutanya, Sukiman mengingatkan kepada seluruh kepala desa yang hadir, untuk mengimplementasikan apa yang di dapat dari sosialisasi yang dilaksanakan oleh kejaksaan yang bekerjasama dengan Pemkab Rohul.

  • Syamsuar-Edi Natar Kampanye Dialogis di Pangkalan Kerinci, Tim Relawan BMP Dampingi Sehari Penuh

    12 bulan lalu

    PANGKALAN KERINCI (POROSRIAU.COM)-- Calon Gubernur Riau, Syamsuar-Edi Natar menggelar kampanye dialogis di Pangkalan Kerinci, namun kali ini kempanye di Pangkalan Kerinci dilakukan oleh Calon Wakil

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.