Rabu, 29 September 2021
  • Home
  • DUMAI
  • Bagikan Hand Sanitizer Buatan Sendiri, Kukerta Dumai Selatan Berbakti Kemasyarakat
Selasa, 30 Juni 2020 13:43:00

Bagikan Hand Sanitizer Buatan Sendiri, Kukerta Dumai Selatan Berbakti Kemasyarakat

Oleh: MA
Selasa, 30 Juni 2020 13:43:00
BAGIKAN:
Kukerta UNRI Dumai Selatan berfoto bersama Camat Dumai Selatan.

DUMAI, POROSRIAU.COM - Mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) dari Universitas Riau (UNRI) yang merupakan relawan covid-19 melaksanakan berbagai kegiatan bertujuan untuk memutus penyebaran covid-19 di Kecamatan Dumai Selatan.

Sebelumnya mahasiswa yang melaksanakan praktek lapangan ini sudah melakukan giat penyemprotan disinfektan di pemukiman warga dan rumah ibadah.

Kali ini, rombongan yang diketuai oleh Rezki Setiawan tersebut menyisiri pedagang kaki lima di Kelurahan Ratu Sima, Bukit Datuk dan Mekar Sari untuk membagikan hand sanitizer alami serta masker kain.

"Kegiatan ini sudah kita lakukan tiga kali sejak tanggal 20, 22 hingga 26 Juni 2020 kemarin," ujar Rezki Setiawan kepada media, Senin.

Menurutnya, pembagian hand sanitizer dan masker kain dilakukan karena menggunakan hand sanitizer merupakan salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan virus yang menempel pada tangan manusia.

Demikian juga, menggunakan masker kain dapat mencegah penularan virus yang terjadi lewat droplet atau percikan yang keluar lewat bersin, batuk, dan saat berbicara.

"Hand sanitizer yang dibagikan merupakan hand sanitizer handmade yang dibuat langsung oleh kita dari tim kukerta relawan yang beranggotakan 8 orang menggunakan bahan alami yang mudah di dapat serta ramah lingkungan, yaitu daun sirih." jelasnya.

Pembagian ini ditujukan kepada PKL dikarenakan para pedagang sering berkontak langsung dengan puluhan orang pembeli sehingga rawan untuk tertular virus. Lanjutnya, hand sanitizer dan masker kain merupakan peralatan wajib yang harus dibawa oleh setiap orang saat beraktivitas di luar rumah ditengah masa new normal.

"Masih banyak diluar sana yang kurang mengetahui fungsi dan kegunaan dari Hand Sanitizer itu sendiri termasuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dan ada juga pedagang yang beranggapan bahwa pembagian Hand Sanitizer dan Masker Kain ini dibayar atau tidak gratis. Oleh karena itu ketika pembagian Hand Sanitizer kami Tim Kukerta Relawan Dumai Selatan juga menjelaskan fungsi atau manfaat dan cara penggunaan Hand Sanitizer kepada Pedagang Kaki Lima." terangnya.

Kegiatan tim relawan covid-19 ini memperleh apresiasi dari pejabat pemerintah terkai yakni Camat Dumai Selatan,"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan mahasiswa Kukerta dalam pembuatan Hand Sanitizer alami dan pembagian Masker kain untuk masyarakat kita yang berdagang di pinggir jalan. Oleh karena itu, apabila ada kegiatan yang mengarah ke sosial atau menyangkut kepentingan bersama di masa pademi ini saya sangat mendukung itu" tutur Yudha Pratama Putra, S.STP selaku Camat Dumai Selatan.

Tim relawan covid-19 di Dumai Selatan terdiri dari Rezky Setiawan (Hukum, FH) sebagai Ketua Tim, Neysa Syafira (Kimia, FMIPA), Melni Arnov (Kimia, FMIPA), Yuriska Adelya (Kimia, FMIPA), Christian Zakaria (Kimia, FMIPA), Saskia Eka Putri (Kimia, FMIPA), Shafa Tasya Rinanda (THP, Faperika), dan Hasri Ariestiya (Kimia, FMIPA), keseluruhan merupakan mahasiswa kukerta dari UNRI Pekanbaru.(rls)
Editor: Muhammad Adhhari

  Berita Terkait
  • "Melawan Covid -19" Fraksi Gerindra Bagikan Masker Dan Semprot Desinfektan

    tahun lalu

    "Ini adalah panggilan hati saya selaku anggota Dewan, dalam situasi ini kita dituntut untuk ikut bertanggung tanggung jawab sebagai sesama makhluk Allah SWT untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Kegiatan ini tidak melihat jumlah dan siapa ya

  • Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 UNRI Produksi Hand Sanitizer

    tahun lalu

    Di awal era new normal, Kota Pekanbaru telah memasuki zona kuning. Dikabarkan jika, tidak ada penambahan kasus positif covid-19, maka akan kembali memasuki zona hijau. Sehingga kegiatan di luar rumah akan pulih seperti sebelumnya.

  • BUMD Segera Resmikan Pembangunan Batching Plant

    5 tahun lalu

    Sejak dinakhodainya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Pembangunan Dumai oleh Bennedy Boeiman sejumlah terobosan pun dilakukannya untuk memajukan perusahaan yang diibaratkan "mati segan hidup tak mau" ini.

  • Dedi Syafrianto : Bekerja Dengan Ikhlas Dan Berpijak Kepada Kebenaran, Insyaallah Amanah

    3 tahun lalu

    DUMAI (POROS RIAU.COM) – Siapa yang tidak kenal dengan sosok Calon Anggota Legislatif (Caleg) 2019 Kota Dumai ini yang berparas ganteng ini. Bagi kaum hawa atau tepatnya emak emak yang memili

  • Ternyata, Pembebasan Lahan Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Baru Capai 19,4 Persen

    5 tahun lalu

    Dumai (porosriau.com) - Pembebasan lahan salah satu ruas tol trans Sumatera, Pekanbaru-Dumai baru mencapai 19,4 persen, atau 26,91 km dari total panjang 131 km. Pembangunan sendiri dimulai dari Pekanbaru di seksi I yang saat ini pembebasan lahannya telah

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.