Kamis, 19 September 2019
  • Home
  • DUMAI
  • Petani Pinggiran Dumai Keluhkan Rendahnya Harga Sawit
Jumat, 16 Agustus 2019 10:42:00

Petani Pinggiran Dumai Keluhkan Rendahnya Harga Sawit

Jumat, 16 Agustus 2019 10:42:00
BAGIKAN:
TBS kelapa sawit

DUMAI(POROSRIAU.COM)- Petani sawit di daerah pinggiran Kota Dumai, terutama di Wilayah Kecamatan Sungai Sembilan, seperti di Tianjung, Buluhala, Batuteritip, Senepis, dan lainnya,  mengeluhkan rendahnya harga Tandan Buah Segar (TBS)  kelapa sawit, yang jauh di bawah harga yang ditetapkan setiap pekannya. 

“Harga sawit di tempat kami dan wilayah sekitarnya sangat rendah, bahkan hanya mencapai kisaran  Rp400/kg. Harga yang ditetapkan tiap pekannya tak berlaku di daerah kami yang jauh dari pusat kota,” ujar seorang petani sawit di daerah Tianjung, yang enggan disebutkan jati dirinya, kepada wartawan, kemarin. 

Menurutnya, harga yang sangat rendah diberikan pedagang pengumpul kepada petani membuat para petani tak bisa berbuat apa-apa. Apalagi, bila petani mengupahkan lagi biaya dodosnya. Akibat hasil jual buah sawit habis kembali untuk biaya perawatan kebun sawit, seperti pembersihan kebun dan pemupukan. 

Karena itu, petani sawit di daerah-daerah pinggiran sangat berharap kepada pemerintah daerah atau pihak-pihak terkait untuk mencarikan solusinya. Bila tidak, tentunya keberlangsungan usaha kebun sawit rakyat akan terhenti. Tidak mungkin petani sawit bisa bertahan, bila harga sawit tidak menguntungkan. 

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kota Dumai Zulfan Ismaini ketika dikonfirmasi membenarkan rendahnya harga sawit di wilayah pinggiran Kota Dumai. Padahal, sudah ada penetapan harga pembelian buah sawit untuk tingkat petani. Namun, ketetapan harga tersebut sering kali diabaikan. 

Menurutnya, Peraturan Mentri Pertanian (Permentan) No. 1 Tahun 2018 mengatur tentang pedoman harga pembelian TBS. Dimana di tingkat provinsi dibawah dinas terkait dibentuk tim yang  membahas tentang hal itu. Tim tersebut beranggotakan pemerintah, pengusaha dari Gabungan Pengusaha Kekapa Sawit Indonesia (Gapki ), dan unsur petani.

Setiap tim menghasilkan keputusan rapat terkait harga, tapi selama ini harga yang ditetapkan tim tidak dilaksanakan di lapangan. Ditambah lagi memang Permentan ini belum memuat beberapa komponen hasil dari pengolahan sawit untuk menjadi faktor penentu perhitungan TBS. Sebagai contoh cangkang dan ampas. Padahal, komponen ini menghasilkan duit bagi pabrik. 

“Kita berharap keseriusan semua pihak, terutama pemerintah dan Gapki untuk bersama-sama membangun ekonomi bangsa,” kata dia, kemarin.
Harga tandan TBS kelapa sawit periode 14-20 Agustus 2019 telah ditetapkan tim mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah kenaikan terbesar pada kelompok umur 10-20 tahun yang mengalami kenaikan harga sebesar Rp65,53 per kilogram (kg). Dengan demikian harga TBS periode saat ini menjadi Rp1.450,54 per kg. (yus)

 

  Berita Terkait
  • Atiap : Jika nanti Saya Terpilih, Saya Akan Bawa Investor Sebanyak Banyaknya

    6 bulan lalu

    DUMAI (POROSRIAU.COM) –  Ketika Tim Redaksi Porosriau.com mencoba menyambangi kediamaan salah satu  Calon  Anggota Legislatif  (Caleg) Kota Dumai 2019, yang beralamat &nbs

  • Mini Market Indo Jaya di Duga Tipu Konsumen

    3 tahun lalu

    DUMAI(POROSRIAU.com) – Konsumen Keluhkan Mini Market Indo Jaya yang menjual barang dagangan yang di jual  tidak sesuai dengan lebel penjualan  terdapat di produk makanan Sarikaya Se

  • Warga Pekanbaru Keluhkan Tingginya Harga Cabe Merah

    3 tahun lalu

    Harga cabe merah di Pekanbaru terus merangkak naik sejak satu bulan belakangan. Berdasarkan pantauan di pasar-pasar oleh Porosriau.com, harga cabai di sejumlah pasar berkisar antara Rp 90 ribu per kilogram (kg) hingga Rp 100 ribu per kg.

  • H Sukiman Hadiri MPTB Desa Rantau Kasai

    3 tahun lalu

    ROHUL(POROSRIAU.COM)--Pelaksana ‎tugas (Plt) Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman menghadiri acara Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Buku (MPTB) 2016 Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Rantau Kasai kecamatan Tambusai Utara, Rabu (22/2/2017).

  • Kabar Gembira, Pekan Ini Harga TBS Di Riau Naik Capai Rp2.036 Per Kilogram

    2 tahun lalu

    Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan Mutu Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau Dedi Yasmono mengatakan, bahwasanya penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Riau untuk umur 10-20 tahun tembus Rp2.036,06

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.