Senin, 21 September 2020
Kamis, 09 Mei 2019 02:07:00

DUMAI BERBENAH

BANG DEL : "Sungai Indah Bukanlah Lagi Impian"

Oleh: Delyuzar Syamzi, SE, MBA
Kamis, 09 Mei 2019 02:07:00
BAGIKAN:
Delyuzar Syamsi, Sang Perantau pulang kampung. Lokasi Foto dipinggiran muara laut di Tanjung Palas beberapa waktu yang lalu.

POROSRIAU.COM - Banyak kisah sukses sungai di negeri dan negara lain ketika ditangani secara baik. Contohnya Charles River di Boston, Amerika yang sebelumnya tercemar dan kini menjadi sungai terbersih di Amerika. Pada tahun 1950 - an di lokasi  tersebut adanya larangan untuk berenang.

Sejak tahun 1995 mulai ada inisiatif membersihkan pencemaran, lalu mulai pada tahun 2013, Charles River Conservancy menyelenggarakan hari berenang umum dan lomba berenang satu mil dengan jumlah peserta lebih dari 1.400 orang.

Sebelumnya dilaksanakan perlombaan, air tersebut diuji selama 48 jam sebelum acara dimulai untuk memastikan keamanan peserta.

Ada juga Los Angeles River yang dulunya saluran pengontrol banjir beton yang membentang di jantung kota, Sungai Thames di London, dan Sungai Spree di Berlin.

Lain lagi dengan Desa Giethoorn, di Belanda yang suasananya unik bak berada di negeri dongeng dikelilingi rumah cantik dilengkapi taman dan jembatan unik yang telah seabad.

Desa Giethoorn masuk dalam daftar impian turis dengan populasi sekitar 3 ribu orang. Ada ratusan jembatan kecil yang terbuat dari kayu dan menghubungkan satu rumah dengan rumah lain. Sewa perahunya bervariasi mulai dari 15 Euro per jam untuk kapasitas 8 orang dan ada juga paket wisata kapal satu jam dengan biaya 7,5 Euro.

Desa ini terletak di Overijssel, Timur Laut dari ibukota Amsterdam dan dapat dicapai dalam waktu 2,5 jam dari kota menggunakan train dan bus.

Sungai Dumai dan aliran sungai yang bermuara ke laut bisa dibenahi sampahnya lewat program AKU SUKA SIH (Ayo Kita Usahakan Sungai Kita Bersih) yang melibatkan berbagai elemen instansi dan masyarakat.

Akhirnya semua terpulang pada gerak tangan dan hati nurani sang pemimpin kota yang kreatif, berwawasan, dan melayani.

Salam

Sang Perantau
BANG DEL

 

 

  Berita Terkait
  • Ungku Saliah, Kakek Berkopiah di Sejumlah Rumah Makan Padang

    3 tahun lalu

    KESAKTIANNYA jadi buah bibir urang awak. Dipercaya membawa keberuntungan, potret Ungku Saliah kerap dijumpai di rumah makan Padang. Fenomena ini pun diangkat sejumlah mahasiswa dalam skripsinya.

  • Walikota Se Sumatera Takjub Dengan Perkembangan Kota Pekanbaru

    3 tahun lalu

    Dibawah kepemimpinan Walikota Pekanbaru Dr H F Firdaus ST MT - Ayat Cahyadi S.Si, pembangunan Kota Pekanbaru kian pesat. Hal ini diapresiasi oleh Walikota se Sumatera.

  • Kampanye di Dompas, Syamsurizal Garansi Namanya untuk DR Firdaus

    3 tahun lalu

    BENGKALIS (POROSRIAU.COM) - Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Riau, melanjutkan sesi kampanye dialogisnya ke Desa Dompas, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis, Sabtu (31/3/2018) siang.

  • Terima Kasih Bapak Presiden

    4 tahun lalu

    Sebanyak 80 unit rumah dari Bantuan Bangunan Rumah (BBR) yang dikuncurkan Kementrian sosial (Kemensos) RI di Desa Rambah Hilir sudah mencapai 65-75 persen, masyarakat Desa Rambah Hilir Timur Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu (Hulu) mengucapka

  • Catatan Akhir Tahun PT Pertamina RU II Dumai: "Reputasi Elok Dalam Gugatan"

    9 bulan lalu

    Oleh M. Syahrul Aidi Pemimpin Redaksi porosriau.com Tulisan mengutip data dari berbagai sumber   SEPANJANG tahun 2019 ini PT Pertamina RU II  Dumai menikmati fase-fase ind

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.