Sabtu, 16 Februari 2019
  • Home
  • ROHIL
  • PT.BSS Rohil Diduga Bobol Waduk Sirkulasi Limbah
Rabu, 14 November 2018 18:11:00

PT.BSS Rohil Diduga Bobol Waduk Sirkulasi Limbah

Oleh: Redaksi
Rabu, 14 November 2018 18:11:00
BAGIKAN:

 

ROKAN HILIR- Baru-baru ini pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memberikan surat peringatan yang ke 2. Kali ini PT BSS Kembali melakukan kegiatan yang dinilai merugikan warga dan alam.
 
Tepat pada Senin pagi kemaren, PT BSS diduga membobol secara sengaja waduk tempat sirkulasi limbah dari hasil olahan PKS.
 
Diketahui, sanksi yang diterima oleh PT BSS dari DLH Rohil masih dalam tahap proses. Meski seharusnya tahapan sanksi berjalan, pihak PT BSS terus beroperasi bekerja seperti biasavdan terkesan mengindahkan saksi tersebut.
 
Seharusnya, menurut peraturan yang berlaku, pihak PT BSS menghentikan aktifitas kegiatannya selama masa proses perbaikan dari sanksi yang diberikan oleh pihak DLH Rohil.
 
Saat dikonfirmasi Kadis DLH Rohil, Suwandi, baru-baru ini membenarkan adanya sanksi untuk PKS PT.BSS atas aduan pihak Sekolah SD dan warga sekitar karena diresahkan oleh bau limbah yang terjadi kapan saja.
 
"Ini SP ke 2 yang diberikan, masa tenggang waktu 3 Bulan, sanksi pertama juga hal yang serupa terkait keluhan warga akan bau limbah," jelas Suwandi, baru-baru ini.
 
Pantauan awak media dilapangan, tepat Senin pagi terlihat disalah satu waduk limbah PT.BSS diduga sengaja dibobol untuk membuang debit air yang cukup banyak karena dalam beberapa hari ini intensitas curah hujan cukup tinggi.
 
Namun, warga sangat menyayangkan karena waduk tersebut sibongkar airnya mengaliri ladang warga. Jelas warga sangat diresahkan, apa itu air limbah atau tidak, yang jelas air tersebut membawa aroma busuk.

Menurut Ani (42) warga kepenghuluan Bangko Sempurna, kecamatan Bangko Pusako, Selasa (13/11/18) mengatakan bahwa limbah tersebut mulai dialirkan ke sungai alam berkisar pukul 08.00 wib hingga saat berita dirilis aliran limbah masih mengalir kesungai.

"Saya akan menuntut kerugian yang ditimbulkan akibat dari limbah yang membanjiri lahan sawit saya, yang terletak tepat dibelakang waduk limbah PT BSS," kata Ani.

Desrizal warga kepenghuluan Bangko Lestari saat mengetahui ada limbah yang dialirkan ke aliran sungai alam, ia langsung menghubungi manager PT BSS.

"Manager PT BSS mengaku bahwa semua itu masih dalam proses pengerjaan, dan saya jawab kalau dalam pengerjaan ya berhentikan dulu juga pengolahan pabrik dan setelah selesai baru silahkan beroperasi kembali," jelas Desrizal.

Desrizal juga melanjutkan setelah ia mengatakan hal tersebut, manager PT BSS terdiam dan langsung mengajaknya bertemu dilapangan, yang sekarang sedang berlangsung pengaliran limbah PT BSS kesungai alam.

"Ini tidak bisa dibiarkan, apapun kejadian itu pihak PT BSS masih masa sanksi dari DLH Rohil, seharusnya pihak PT BSS mentaati dan mengerjakan poin-poin sanksi yang diterima. Dan pihak DLH seharusnya monitoring sudah sejauh mana sanksi tersebut dijalankan," geram Desrizal. 
 
Lanjutnya,"Dan seharusnya pihak DLH harus mengutamakan keluhan-keluhan warganya. Karena sejatinya, kehadiran perusahaan untuk membantu dan mensejahterakan masyarakat." tegas Desrizal. 
Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Siang Bolong, Maling Bobol Dua Ruko di Bengkalis

    3 tahun lalu

    BENGKALIS(POROSRIAU.com) - Aksi pencurian dengan pemberatan (Curat) di Kota Bengkalis kembali terjadi. Senin (1/8/2016) siang, dua dari empat ruko di Jalan Arif Rahman berhasil diobok-obok pencuri.

  • Berikut Nama-Nama Tersangka Dan Kejahatannya

    3 tahun lalu

    Rohil(POROSRIAU.com) - Kepolisian Sektor ( Polsek ) Bangko,Rokan Hilir Riau ekspos 3 kasus yang berbeda, ekspos dipimpin langsung Kapolsek Bangko AKP.Agung Triadi.SIK di aula Mapolsek,Jalan Perwira,Kamis (4/8/16) siang didampingi Wakapolsek AKP.Dodi dan K

  • PKS PT MAI Diduga Buang Limbah Kesungai Batang Kumu

    2 tahun lalu

    Pabrik Kelapa Sawit milik PT Mazuma Agro Indonesia di Padang Lawas (Palas) Sumatera Utara, Diduga kuat buang limbah berbahayanya ke aliran sungai Batang Kumu, yang berada di Desa Sei Madang Komango, Kecamatan Tambusai.

  • Pria Pujud ini Bawa Shabu di dalam Saklar Listrik

    2 tahun lalu

    Poros Riau -  Senin (31/10) sekitar pukul 13.45 wib tepatnya di gang Rambutan Dusun Sidorukun Desa Teluk Nayang Kecamatan Pujud Kabupaten Rohil  SSD (32) berhasil diamankan satreskrim

  • Mobil Oknum Polisi Rohil Dipakai Rampok

    2 tahun lalu

    Rohil (porosriau.com) - Mobil avanza warna hitam yang digunakan untuk merampok mobil truk cold diesel bermuatan sawit di kilo nol, jalan lintas Riau-Sumut di Rohil, mirip avanza Briptu CL, personil Polres Rohil. Saat tim mendatangi rumahnya, yang bersangk

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.