Rabu, 22 Mei 2019
  • Home
  • INHU
  • Tanggul di Desa Sialang Dua Dahan Inhu Jebol, Puluhan Rumah Warga Terendam
Sabtu, 10 November 2018 23:02:00

Tanggul di Desa Sialang Dua Dahan Inhu Jebol, Puluhan Rumah Warga Terendam

Oleh: budi
Sabtu, 10 November 2018 23:02:00
BAGIKAN:
Rumah warga yang digenangi air.(Foto: Budi)

INHU(POROSRIAU.COM)-- Lima kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terendam banjir. Hal tersebut diakibatkan tingginya curah hujan dalam beberapa hari belakangan.

Berdasarkan pantauan awak media di lapangan, Sabtu (10/11) sore, khususnya di Desa Sialang Dua Dahan kecamatan Rengat Barat, tidak sedikit rumah warga yang sudah digenangi air.

Menurut keterangan salah seorang warga di lokasi, banjir tersebut terjadi sudah 1 minggu. Namun kondisi terparah berkisaran dalam dua hari belakangan ini.

“ Hal tersebut terjadi akibat Tanggul yang ada di simpang tiga jalan Pramuka Desa Sialang Dua Dahan Jebol akibat dihantam derasnya luapan air sungai Indragiri,” ujar kadus Saito.

Lanjutnya, sehingga air menyebrang jalan menggenangi puluhan rumah warga sekitar. “ Hal ini kerap terjadi di desa kami pak. Apalagi kalau terjadi banjir besar tiap tahun,” sambungnya.

 

BACA JUGA

 

 

Sementara itu. Kepala Desa (Kades) Sialang Dua Dahan Nasrun Arsyad, melalui kasi kesra nya Heri Kuswoyo, membenarkan bahwa banjir tersebut diakibatkan jebolnya tanggul lantaran tidak kuat menahan luapan air.

“Dimana, 3 hari yang lalu baru diperbaiki secara swadaya. Namun tidak tahan, akhirnya luapan air pun begitu deras hingga menggenagi pemukiman warga. Ditambah guyuran hujan tadi malam yang sangat deras dan durasinya lumayan lama,” paparnya.

Sambung Heri, akibat jebolnya tanggul tersebut sedikitnya sudah 89 unit rumah warga terendam banjir. Terdiri dari 361 jiwa. “ Data ini kita data sampai hari ini jumat tgl 9-11-2018.  Juga sudah kita sampaikan ke kantor Dinas Ketahanan Pangan,” sambungnya.

Lebih jauh dikatakan Heri, sementara untuk data lahan pertanian dan perkebunan kelapa sawit warga yang tergenang air belum bisa kita sampaikan berapa hektar jumlah keseluruhanya.

Ketika ditanya apakah sudah menapatkan bantuan dari instansi terkait, dengan tegas dikatakan Heri belum. “ Karena kita baru saja menyampaikan laporan data kita pak. Namun kalau yang telah sudah-sudah desa kita tetap mendapatkan bantuan.” Pungkas Kasi Kesra Heri.(Budi s) 

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • PAN Dumai Kerahkan Seluruh Kader Sambut Kedatangan Sandiaga Uno

    6 bulan lalu

    Seluruh kader Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Dumai bersiap menyambut kehadiran calon wakil presiden (Cawapres) Sandiaga Salahudin Uno di Kota Pekanbaru Senin (12/11) besok.

  • Delapan Tahun Derita Kanker Rahim, warga Bengkalis Ini Butuh Uluran Tangan

    2 tahun lalu

    )- Julinar (38th) warga Desa Pangkalan Batang, Bengkalis penderita kanker rahim 8 tahun hidup dalam keprihatinan.

  • Curi Uang Tetangga, Warga Perum Pelangi Nusantara Diserahkan ke Polisi

    3 tahun lalu

    Inhu(POROSRIAU.com)- Af (24) warga Perumahan PT Pelangi Nusantara desa Sungai Akar kecamatan Batang Gansal kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terpaksa harus berurusan dengan pihak kepolisian, gara-gara aksinya yang hendak mencuri uang tetangga diketahui oleh

  • Buka Musrenbang RKPD Kecamatan Rangsang Barat, Sekda : Saya sangat bangga dengan hasil pertanian masyarakat Rangsang Barat.

    3 bulan lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Kegiatan Musrenbang Rencana Pembangunan Daerah (RKPD) Tingkat Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti terus berlanjut, kali ini digelar di Kecamatan Rangsang Barat, kegiat

  • Putuskan Cinta, Jumaida Dipukuli Hingga Tewas

    3 tahun lalu

    INDRAGIRI HULU (porosriau.com) - Tak terima hubunganya diputuskan, seorang pemuda di kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang sedang dimabuk asmara nekat menghabisi nyawa kekasihnya.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.