Jumat, 19 April 2019
Kamis, 04 April 2019 16:02:00

Masa Tenang Pemilu Rawan 'Serangan Fajar'

Kamis, 04 April 2019 16:02:00
BAGIKAN:
Ilustrasi

JAKARTA (POROSRIAU.COM)- Patroli terpadu akan dioptimalkan Polri pada masa tenang Pemilu 2019. Sebab, Polri memprediksi 'serangan fajar' rawan terjadi pada kurun waktu itu.

"Yang kita antisipasi yaitu pada saat minggu-minggu tenang," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Kamis (4/4/2019).

Patroli terpadu itu disebut Dedi akan dilakukan Polri bersama TNI, Bawaslu, pemerintah daerah, dan tim sukses dari masing-masing pasangan capres-cawapres. Masa tenang Pemilu 2019 sendiri telah ditentukan mulai 14 April 2019 hingga 16 April 2019.

"Untuk pelaksanaan patroli terpadu akan dioptimalkan kembali. Kita sudah berkomitmen semua menjelang pelaksanaan kampanye, bebas dari money politic," kata Dedi.

Menyoroti money politic, Dedi menyebut sejauh ini ada 31 kasus yang berkaitan dengan politik uang yang ditangani Sentra Gakkumdu pada pemilu kali ini. Bentuk politik uang yang terjadi disebut Dedi mulai dari membagikan uang tunai hingga sembako.

"Ada 31 kasus money politic yang saat ini sedang dalam proses penyidikan oleh Gakkumdu, baik di kabupaten maupun kota. Modusnya banyak, pola yang digunakan banyak, bisa menggunakan kaki tangannya untuk door to door, bisa juga momentum-momentum kegiatan masyarakat lainnya," terang Dedi dilansir detik.

Data itu disebut Dedi dikantonginya per 29 Maret 2019. Daerah yang cukup banyak terpapar kasus politik uang disebut Dedi adalah Jakarta, selain itu terjadi juga di Jawa Tengah, Yogyakarta, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, hingga Papua.(red)

  Berita Terkait
  • KPU Bengkalis Minta Masyatrakat Berpartisipasi Mengawasi Pilkades Serentak

    2 tahun lalu

    96 Desa di Kabupaten Bengkalis akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 11 Juli yang akan datang.

  • Ungku Saliah, Kakek Berkopiah di Sejumlah Rumah Makan Padang

    2 tahun lalu

    KESAKTIANNYA jadi buah bibir urang awak. Dipercaya membawa keberuntungan, potret Ungku Saliah kerap dijumpai di rumah makan Padang. Fenomena ini pun diangkat sejumlah mahasiswa dalam skripsinya.

  • Fahri Hamzah: Luhut Telah Lukai Hati Dan Kehormatan Kiai

    2 minggu lalu

    Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyayangkan sikap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan yang tertangkap kamera memberikan amplop

  • Bawaslu Se - Riau Nyatakan Siap dan Siaga Awasi Pemilu 2019

    2 minggu lalu

    Kesiapan dan kesiagaan itu dinyatakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau saat menggelar kegiatan Apel Kesiagaan dan Kesiapan Pengawas Pemilu se-Provinsi Riau pagi minggu, 7 April 2019 di Jalan Cut Nyak Dien (Area Car Free Day) Pekanbaru.

  • Masjid 60 Kurang Aso Wisata Religi Solok Selatan

    2 tahun lalu

    Pada masa lalu, di daerah Solok Selatan terdapat sebuah Kerajaan penting. Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu namanya. Hingga saat ini masih banyak peninggalan-peninggalan bersejarah yang masih terpelihara dengan baik

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.